Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Anak

Ceknricek.com - Bagaimana ya kalau si kecil ingin memelihara binatang? Ternyata memelihara hewan untuk anak punya banyak manfaat. Mulai peningkatan kepercaayaan diri, hingga tubuh yang lebih sehat.

Berikut manfaat yang bisa didapatkan anak jika memelihara binatang yang dilansir dari haibunda.

Peningkatan kepercayaan diri

American Academy of Child and Adoloscent Psychiatry (AACAP) menyampaikan salah satu manfaat memelihara hewan untuk anak adalah meningkatkan kepercayaan dan harga diri. 

Ada makhluk hidup yang cukup bergantung pada anak perihal makan, minum, dan lainnya. Anak yang diberikan kepercayaan mengurus sesuatu akan memiliki kemantapan berperilaku. Ia akan lebih percaya diri dan merasa dirinya lebih berharga.

Si kecil akan lebih senang lagi ketika usaha yang dilakukannya dihargai. Misalnya dengan mendapat pujian karena hewan peliharaannya gemuk atau cantik.

 

Mengasah empati 

Saat memelihara binatang, anak akan mengembangkan hubungan positif dengan peliharaannya. Hubungan ini membantu meningkatkan kepercayaan anak saat berhubungan dengan orang lain.

"Hubungan yang baik dengan binatang peliharaan juga membantu mengembangkan komunikasi nonverbal, kasih sayang, dan empati," terang AACAP dalam situsnya.

Dr. Gail Gross, pakar di bidang perilaku manusia, parenting, dan pendidikan menjelaskan dengan memelihara binatang, anak belajar membaca kebutuhan peliharaannya. Saat peliharaannya gelisah, mungkin tandanya lapar atau ingin bermain. Dari situlah empati anak mulai terasah.

"Lebih dari itu, empati adalah satu keterampilan yang dapat diajarkan dan keterampilan yang sering kurang dimiliki oleh para pelaku bullying," ujar Gail, dikutip dari Huffington Post.

 

Meningkatkan kemampuan motorik

Sebuah penelitian tahun 2010 menyimpulkan anak-anak di Inggris yang mempunyai anjing, secara rata-rata berolahraga 11 menit lebih banyak setiap hari dibanding yang tidak punya.

Dengan memiliki binatang peliharaan, anak-anak akan bergerak lebih banyak untuk menemani peliharaannya. Kebiasaan bergerak ini akan meningkatkan kemampuan motorik anak.

Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca

Terdapat penelitian di tahun 2011 yang menghubungkan memelihara binatang dengan prestasi di sekolah. Penelitian itu membandingkan anak membaca secara keras ke binatang peliharaan dan orang dewasa. Hasilnya, kemampuan membaca anak pertama lebih baik dari yang kedua.

Ternyata, saat membaca dengan keras ke peliharaannya, si kecil tidak merasa stres. Anjing pasti diam saja saat anak membaca, sedangkan ketika orang dewasa mendengar, sering muncul koreksi dan penghakiman. 

Selain itu, anak juga belajar untuk mempelajari hewan lebih banyak. Anak-anak secara tidak sadar akan mempelajari reproduksi, penyakit hewan, makanan, dan sebagainya terkait dunia hewan.

 

Lebih tahan sakit

Dikutip dari She Knows, American Academy of Pediatrics melakukan studi di 2012. Studi itu mencoba membandingkan keadaan kesehatan anak yang mempunyai hewan peliharaan dengan yang tidak punya.

Hasilnya, anak yang memelihara hewan mengalami lebih sedikit infeksi pernapasan dan infeksi telinga dibandingkan yang tidak memelihara hewan.



Berita Terkait