Sumber Foto: Check In Jakarta

Manfaat Olahraga Malam Hari


Ceknricek.com – Olahraga merupakan sebuah kegiatan yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan. Olahraga dapat dilakukan dimana saja, dari dalam rumah hingga luar rumah.

Waktu dalam berolahraga juga dapat mempengaruhi hasil dari olahraga yang kita lakukan, dari pagi, sore hingga malam punya efeknya masing masing. Menurut para ahli, dilansir Travel and Leisure, waktu yang tepat untuk berolahraga sangat relatif dan tergantung pada tubuh masing-masing orang. 

Terkait hasilnya terhadap performa, olahraga pagi belum tentu lebih unggul dibanding olahraga malam. Lalu apa saja keuntungan kita jika berolahraga pada malam hari, mari kita bahas!

  1. Relaksasi Otak

Setelah disibukan dengan bekerja dari pagi hingga sore hari, olahraga malem bisa menjadi solusi untuk tetap dapat menjaga kebugaran tubuh. Dengan berolahraga malam tentunya kita dapat merefresh otak kita dari kesibukan sehari-hari. Dengan begitu otak kita akan lebih fresh dan dapat bekerja secara baik. 

  1. Membakar Kalori

Secara efisiensi dengan beorlaharaga pada malam hari ternyata lebih ampun dalam membakar kalori secara keseluruhan, jika biasanya kita berolahraga pada pagi hari lalu dilanjutkan makan. Berbeda dengan olahraga malam, hal ini dapat membakar kalori secara keseluruhan pada hari yang sama. Hal ini dinilai cukup efektif untuk membuat badan terasa lebih sehat dan bugar.

  1. Tidur Lebih Lelap

Dengan berolahraga pada malam hari ternyata dapat membantu kita dalam menjaga kualitas tidur. Hal ini dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur 83 orang yang melakukan olahraga di malam hari. Hal ini terjadi karena setelah olahraga tubuh kita akan disiapkan untuk melakukan istirahat secara cukup dengan demikian dengan istirahat yang cukup akan membantu metabolisme tubuh kita dalam menjaga kesehatan.

  1. Menghilangkan Racun dan Toxin

Selama beraktivitas seharian kita tidak jarang menghidup udara perkotaan yang tentunya tidak baik bagi kesehatan, dari asap kendaraan hingga asap rokok yang dapat merusak kesehatan kita. Nah jika kita berolahraga pada malam hari tentunya sudah berkurang asap kendaaraan serta asap rokok yang dapat mengganggu kesehatan pada sistem pernafasan kita.

  1. Meningkatkan Psikologis 

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Universitas London, membuktikan dengan berolahraga di malam hari, dapat meningkatkan perasaan bahagia. Terutama dengan berlari selama kurang lebih 30 menit, hal ini mempengaruhi mereka secara psikologis, karena mereka akan lebih senang serta merasa puas akan pencapaiannya. Hal ini dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari, mereka akan merasa lebih semangat dan produktivitas dalam kinerja nya.



Berita Terkait