Mangkir di Latihan Perdana Timnas, Simon Absen Pada Laga Perpisahan? | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: PSSI

Mangkir di Latihan Perdana Timnas, Simon Absen Pada Laga Perpisahan?

Ceknricek.com -- Kontrak pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy sebagai pelatih kepala tim nasional Indonesia memang resmi diputus oleh Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) setelah laga kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Malaysia, Selasa (19/11) mendatang. PSSI menjamin akan melunasi seluruh kewajibannya, sambil berharap Simon tetap mau mendampingi skuad Garuda di pertandingan perpisahannya.

Meski demikian, pada latihan perdana timnas, Selasa (12/11) di Lapangan PKNS, Petaling Jaya, Malaysia, mantan pelatih Bhayangkara itu absen mendampingi timnas. Latihan dipimpin oleh asisten pelatih, Yeyen Tumena, dibantu dua asisten pelatih lainnya, Joko Susilo dan Alan Haviluddin.

Sebelumnya, Ketua PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyatakan bahwa Simon diharapkan masih mendampingi timnas saat tandang ke Malaysia, sekaligus menjadi pertandingan perpisahan baginya. Hingga saat ini, belum diketahui apakah Simon jadi mendampingi pemain di pinggir lapangan saat pertandingan nanti berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Simon sendiri awalnya dikontrak selama dua tahun pada 2018 lalu, untuk menangani timnas di kualifikasi Piala Dunia 2022, kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2020. Sayang, prestasi mantan pelatih tim nasional Filipina itu saat membesut skuad Garuda memang tidak terlalu baik.

Dari 12 pertandingan bersama timnas yang dilaluinya sejak dikontrak Januari 2019, skuat Garuda kalah lima kali, seri satu kali dan menang enam kali. Hanya saja, kemenangan itu justru didapat dalam pertandingan menghadapi tim yang secara kualitas di bawah Indonesia seperti klub Perth Glory, State League 2 All-Stars, klub lokal Persika, Bhayangkara FC, serta dua negara Myanmar dan Vanuatu.

Foto: PSSI

Sementara saat menghadapi pertandingan yang sesungguhnya, timnas keok 1-4 dari Yordania (laga uji coba) dan saat menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022, dari Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab (UAE) serta Vietnam. Akibatnya, timnas kini terperosok di posisi buncit grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, dan menjadi satu-satunya tim di grup tersebut dengan koleksi nol poin.

Baca Juga: Usai Loloskan Timnas U-19 ke Piala Asia, Fakhri Husaini Pamit

Sebagai ganti dari Simon, PSSI telah membidik beberapa nama pelatih asing seperti mantan pelatih tim nasional Korea Selatan, Shin Tae-yong juga mantan pelatih timnas di Asian Games 2018 lalu, Luis Milla.

22 Pemain

PSSI sendiri telah memanggil 22 pemain untuk menghadapi Malaysia. Terdapat beberapa pemain yang merupakan pemain baru, yakni TM Ichsan (Bhayangkara FC), Ardi Idrus (Persib), Hendro Siswanto (Arema FC) dan Dedy Gusmawan (Semen Padang).

Sementara nama-nama punggawa lama seperti Andritany (Persija), Yanto Basna (Sukhotai FC), Irfan Bachdim (Bali United) juga kembali dipanggil. Adapun pemain lama yang sempat absen dalam laga kontra Uni Emirat Arab dan Vietnam seperti Rizky Pora (Barito Putera), Septian David Maulana (PSIS), Greg Nwokolo (Madura United), Febri Haryadi (Persib) kembali dipanggil.

Foto: PSSI

"Kami langsung menggelar latihan begitu tiba di Malaysia. Materi latihan tadi adalah recovery training, kemudian taktik bagaimana bertahan," kata Yeyen Tumena seperti dilansir situs resmi PSSI.

"Secara keseluruhan kondisi pemain tidak ada masalah. Kami masih punya waktu cukup untuk menjaga kondisi semua pemain. Besok kami juga kembali menggelar latihan dengan variasi menu latihan yang lain," tambah Yeyen.

Barito Putera menjadi penyumbang pemain paling banyak di pemanggilan kali ini dengan tiga pemain. Sementara pemimpin klasemen sementara Liga 1 Musim 2019, Bali United, hanya menyumbangkan dua pemain, yakni Ricky Fajrin dan Irfan Bachdim.

Tak hanya itu, timnas juga tak akan diperkuat oleh dua pemain naturalisasinya, Stefano Lilipaly dan Alberto Beto Goncalvez. Nama terakhir itu sama dengan Evan Dimas yang sedang dipersiapkan untuk timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games, akhir bulan ini.

Daftar Pemain Timnas Kontra Malaysia, Selasa (19/11)

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho, Teja Paku Alam.

Bek: Ricky Fajrin, Yanto Basna, Abduh Lestaluhu, Putu Gede, Gavin Kwan, Dedi Gusmawan, Otavio Dutra, Ardi Idrus.

Gelandang: Rizky Pora, Bayu Pradana, Febri Hariyadi, Septian David, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Teuku Ichsan.

Striker: Irfan Bachdim, Lerby Eliandry, Greg Nwokolo, Osas Saha.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait