Masuk Nominasi Oscar Netflix akan Bersaing Dapatkan Piala Film Terbaik | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Masuk Nominasi Oscar Netflix akan Bersaing Dapatkan Piala Film Terbaik

Ceknricek.com -- Layanan penyedia streaming video Netflix memiliki kesempatan lagi untuk mendapatkan penghargaan tertinggi di industri film dari studio film tradisional Hollywood di Academy Awards 2020 bulan depan. 

Dua film rilisan mereka, The Irishman dan Marriage Story, masuk nominasi kategori film terbaik yang akan diberikan pada 9 Februari 2020 mendatang. Reuters melaporkan, Netflix mendapatkan 24 nominasi, lebih banyak dari distributor film lainnya. 

Dalam Oscar perusahaan asal Silicon Valley itu akan bersaing dengan studio-studio Hollywood seperti Universal Pictures, Warner Bros dan Columbia Pictures. 

Joker dari Warner Bros memimpin dari semua nomine dengan total 11 kategori, sementara The Irishman1917 dan Once Upon a Time in Hollywood masing-masing dapat 10 nominasi. 

Memenangi film terbaik akan memoles reputasi Netflix di industri film, dan membuatnya punya nilai tambah di tengah kompetisi ketat video streaming

Baca Juga: Sutradara 'The Two Popes' Jelaskan Inspirasi dari Percakapan Kedua Paus

Perusahaan di balik film-film itu diperkirakan akan menghabiskan jutaan dolar untuk memikat pemilih Oscar lewat iklan TV, digital dan acara istimewa dengan artis papan atas di New York dan Los Angeles. 

Memicu Perdebatan 

Netflix mulai mengeluarkan film orisinal pada 2015 dan berusaha membangun perpustakaan film-film bergengsi di tengah puluhan film komedi, thriller dan laga. 

Meski begitu, pelopor video digital itu membuat kesal pemilik bioskop karena bersikeras menayangkan film lewat streaming pada saat bersamaan, atau beberapa pekan setelah debutnya di bioskop. 

Bioskop-bioskop besar pun keberatan dan menolak menampilkan film Netflix. Praktik ini juga memaksa anggota film academy untuk terus berdebat mengenai cara mendefinisikan film. 

Tahun lalu, film Roma yang tayang di Netflix juga masuk kategori nominasi film terbaik, namun tidak keluar jadi pemenang. 

Owen Gleiberman, kepala kritikus film untuk Variety, memprediksi Netflix akan kalah dalam kategori film terbaik dari 1917 atau Once Upon a Time in Hollywood

"Ada banyak momentum untuk The Irishman," kata Gleiberman. "Tapi perasaanku mengatakan film itu belum cukup untuk melewati garis akhir." 

Nominasi untuk The Irishman sendiri meliputi kategori sutradara terbaik untuk Martin Scorsese dan aktor pendukung terbaik untuk Al Pacino dan Joe Pesci. 

Sementara itu, Marriage Story yang dibintangi Scarlett Johansson dan Adam Driver mendapat nominasi untuk kategori akting. 

Di antara nominasi lain, Netflix juga masuk di kategori film animasi terbaik lewat Klaus dan I Lost My Body, sementara film biografi The Two Popes mendapat tiga nominasi.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait