Menparekraf Dorong Santri di Kalsel Jadi Bagian Santri Digitalpreneur | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Menparekraf Dorong Santri di Kalsel Jadi Bagian Santri Digitalpreneur

Ceknricek.com -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong santriwan dan santriwati khususnya di Islamic Boarding School of Darul Hijrah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan untuk menghadirkan konten-konten digital yang unik dan menarik lewat program Santri Digitalpreneur.

Saat menghadiri Santri Digitalpreneur Indonesia di kompleks Islamic Boarding School of Darul Hijrah, Selasa (12/7/22), Sandiaga mengatakan kegiatan ini dirancang untuk mendorong santri-santri di Indonesia agar menciptakan konten-konten digital baik itu berupa animasi maupun podcast. "Harapannya para santri ini sebagian besar bisa menghadirkan karya berupa konten-konten islami yang bisa menginspirasi dan menjadi produk ekonomi kreatif yang memiliki nilai tambah sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Menparekraf Dorong Santri di Kalsel Jadi Bagian Santri Digitalpreneur
Sumber: Istimewa

Sandiaga berharap konten-konten yang dibuat oleh santri-santri ini bisa mempromosikan potensi wisata religi yang ada di Kalimantan Selatan. Selain itu, konten-konten tersebut dinilai Sandiaga juga bisa menjadi media baru dalam berdakwah.

"Saya ingin memotivasi para santri agar mengemas konten-kontennya secara islami yang juga disampaikan dengan penuh rasa optimisme dan membangkitkan harapan agar Indonesia segera bangkit dari tekanan ekonomi yang luar biasa pascapandemi ini," katanya.

Menparekraf Dorong Santri di Kalsel Jadi Bagian Santri Digitalpreneur
Sumber: Istimewa

Pelatihan ini dilaksanakan pada 12-15 Juli 2022 dan diikuti oleh santriwan dan santriwati yang berasal dari 10 pesantren yang ada di Kalimantan Selatan di antaranya:

1. Pondok Darul Hijrah

2. Pondok Pesantren Walisongo Fiddarissalam

3. Pondok Pesantren Raudhatul Amin

4. Pondok Modern An-Najah Putri

5. Pondok Pesantren Ibnu Atha’illah

6. Pondok Pesantren Darul Ilmi

7. Pondok Pesantren Miftahul Ulum

8. Pondok Nurul Hijrah Jorong

9. Pondok Pesantren Ishlahul Aulad

10. Pondok Pesantren Darussalam

Pelatihan ini juga dihadiri Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah; Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Najwan Noor; dan Pimpinan Islamic Boarding School of Darul Hijrah, Zarkasyi Hasbi.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga meresmikan Wisma Darul Hijrah dan Menparekraf Sandiaga berharap Wisma ini dapat mendukung berkembangnya wisata religi di Kalimantan Selatan.

Baca juga: Menparekraf Dorong Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan, Kriya, Kuliner, dan Fesyen


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait