Mensos Pastikan Stok Bantuan Bencana Musim Penghujan Aman | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Mensos Pastikan Stok Bantuan Bencana Musim Penghujan Aman

Ceknricek.com -- Menteri Sosial Juliari P Batubara pastikan stok bantuan untuk penanganan korban bencana alam aman menghadapi musim penghujan. 

"Kesiapsiagaan terhadap bencana alam akan terus ditingkatkan. Kita pastikan bahwa stok bantuan bahan makanan, tenda dan lainnya dalam level yang aman," kata Mensos kepada Antara di Jakarta, Senin (30/12). 

Selain itu, menurut Mensos, seluruh relawan sosial terutama Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga digerakkan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban. 

Juliari menegaskan, Kemensos akan tetap memberikan perhatian terhadap masyarakat yang terdampak bencana dengan melakukan penyimpanan stok bahan makanan pokok.

Kemensos sendiri telah menyiapkan sebanyak 306.139 kilogram beras reguler untuk pemenuhan kebutuhan bagi korban dalam upaya penanggulangan bencana menghadapi musim penghujan. 

Baca Juga: Dua Truk Arsip Kemensos Dimusnahkan

Mereka juga menyiapkan bufferstock (stok penyangga) yang ada di tiga gudang regional Kemensos, yaitu di Palembang, Bekasi dan Makassar serta di gudang-gudang logistik provinsi dan kabupaten/kota. 

Bufferstock yang disiapkan seperti permakanan berupa lauk pauk, mie instan, makanan anak dan makanan siap saji, peralatan evakuasi seperti tenda serbaguna keluarga, velbed, rompi pelampung, dapur umum lapangan, tenda gulung, kasur, matras dan tenda psikososial. 

Tidak hanya itu, Kemensos juga telah menyiapkan paket keluarga yang terdiri dari kids warefamily kit, peralatan makan, paket alat dapur, sandang dan selimut hingga perlengkapan Tagana.

Sejak sebulan terakhir sejumlah daerah di Tanah Air mengalami berbagai bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor akibat curah hujan yang tinggi. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2020.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait