Metode Self-Healing Bantu Sembuhkan Luka Batin  | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Metode Self-Healing Bantu Sembuhkan Luka Batin 

Ceknricek.com - Self-healing adalah sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Metode ini dilakukan saat seseorang menyimpan luka yang mengganggu emosinya. Self-healing berguna untuk menyelesaikan unfinished bussines yang berakibat pada kelelahan emosi seseorang.

Psikolog Dr. Liza Marielly dalam acara seminar End The Shame bersama Ariel Tatum menjelaskan, metode self-healing bisa bermacam-macam bentuknya seperti meditasi, me time atau berdialog. 

"Harus berdamai dengan diri sendiri. Ketika kita sudah sayang pada diri sendiri, dan sudah bisa menerima, akan masuk ke tahap, ya, sudahlah terserah orang mau ngomong apa. Kondisi ini bisa didapat dari meditasi dan me time, konsultasi atau berdialog," kata Liza di kawasan Thamrin Jakarta Pusat, Sabtu (19/10). 

Kata-kata yang paling baik bisa digunakan adalah seringlah mendengar kalimat membangun, positif dan konkret.  "Misalnya, hari ini saya bahagia. Atau, bisa juga menuliskannya di dalam buku terus ditulis-tulis saja apa yang dirasakan," sambung Liza Marielly. 

Baca Juga: Saat Usia 13 Tahun, Ariel Tatum Sudah Temui Lima Psikolog

Saran tersebut rupanya sudah dijalankan Ariel Tatum. Artis kelahiran 8 November 1996 yang mengaku menderita BPD (Borderline Personality Disorder) atau kepribadian ambang akut itu, semula merasa sulit berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, ia melakukan self-healing

"Kind words to say apapun seperti you are great, atau you are good, itu yang aku dengarkan sebelum tidur. Karena ketika selama tidur otak kita pun juga menyerap informasi," ucap Ariel Tatum dalam kesempatan yang sama. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait