Pacific Exposition 2021 Resmi Dibuka Menlu Retno Marsudi | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Pacific Exposition 2021 Resmi Dibuka Menlu Retno Marsudi

Ceknricek.com—Pacific Exposition 2021 telah dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi secara virtual pada Rabu (27/10/21).Acara pembukaan secara virtual diikuti oleh Ketua Delegasi 17 negara Pasifik, perwakilan peserta eksibisi, pejabat pemerintah, anggota parlemen dan media.Menlu Retno dalam pidatonya menegaskan pentingnya Pasifik bagi Indonesia, setelah kesuksesan Pasific Exposition yang pertama.

“Dua tahun lalu, kami, negara-negara Pasifik, berkumpul di Auckland, Selandia Baru untuk Pameran Pasifik yang pertama. Acara ini sukses besar yang terbesar dan terlengkap dari jenisnya di Pasifik. Ini memamerkan 'potensi sejati negara-negara Pasifik dan memperkuat rasa kebersamaan kita,” kata Menlu RI.

Menlu menyatakan Pasific Exposition mencerminkan komitmen negara-negara Pasifik untuk menempa era baru kemitraan Pasifik. Kemitraan yang dibangun atas dasar saling menghormati, identitas bersama, dan visi bersama.

“Dua tahun kemudian komitmen kami semakin kuat. Keterlibatan dengan Pasifik sekarang merupakan elemen penting dari kebijakan luar negeri Indonesia,” ungkapnya.

Keterlibatan itu juga diterjemahkan ke dalam kerja sama konkrit yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dengan wilayah Pasifik.

Indonesia bahkan menunjuk Duta Besar (Dubes) keliling untuk Pasifik, yakni Dubes Tantowi Yahya yang juga Dubes RI untuk Selandia Baru.

Dubes Tantowi menyampaikan, hingga saat ini sudah terdaftar 325 perusahaan dari UMKM sampai industri besar dari negara-negara di Pasifik, dan 6 provinsi di Kawasan Timur Indonesia yang akan diakomodasi dalam 200 virtual booth.

Pacific Exposition adalah pameran dagang, investasi dan pariwisata terbesar dan terlengkap di Pasifik yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Indonesia sebagai bagian dari kawasan ini.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait