Pensiun, Doni Monardo Diganti Letjen Ganip Warsito | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto: Istimewa

Pensiun, Doni Monardo Diganti Letjen Ganip Warsito

Ceknriek.com -- Posisi kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan mengalami perubahan tampuk kepemimpinan dari Letjen TNI Doni Monardo ke Kepala Staf UmumTNI Letjen TNI Ganip Warsito.

Prosesi pergantian kepala BNPB dijadwalkan akan berlangsung pada pagi ini, Selasa (25/5/21) pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Pelantikannya dilakukan Presiden Joko Widodo setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

”Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif,” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Selasa (25/5/21) dilansir dari Kompas.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga membenarkan rencana pergantian Doni Monardo.

”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik pada Selasa pagi,” ujar Pratikno.

Hingga malam, Doni Monardo belum bisa dihubungi karena tengah memimpin rapat. Namun, Staf Khusus Doni, Egy Massadiah, membenarkan adanya pergantian kepala BNPB tersebut.

”Direncanakan besok pelantikan pukul 10 WIB di Istana Negara oleh Presiden, dan dilanjutkan siang harinya serah terima jabatan di Graha BNPB,” kata Egy.

Diketahui, Doni Monardo menjabat sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Pelantikan Doni didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang pengangkatan kepala BNPB.

Sebelum menjadi Kepala BNPB, Doni merupakan Sekretaris Jenderal (Setjen) Dewan Ketahanan Nasional. Jenderal bintang tiga ini juga pernah menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca juga: Menguak Sisi Rahasia dan Jenaka Doni Monardo

Baca juga: Angan-angan Jalan-jalan di Titik Nol Korona



Berita Terkait