Penularan Covid Naik Drastis,  Menkes: Kedisiplinan Prokes Kita Rendah | Cek&Ricek kula-coffee
Sumber: Istimewa

Penularan Covid Naik Drastis,  Menkes: Kedisiplinan Prokes Kita Rendah

Ceknricek.com—Kejadian naiknya positif Covid secara drastis mendapat sorotan tajam dari Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Saat webinar dengan Forum Pemred, Selasa (16/3/21), Budi mengaku sudah mengeluarkan semua ‘jurus’ agar penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Saya terus kampanyekan jaga prokes, kemudian strategi 3 T (tracing,testing dan treatmen), vaksinasi dan kalau sudah ada yang terinfeksi dan menunjukan gejala kita bawa ke rumah sakit,”kata Budi.

Namun dari semua ‘jurus’ itu, Budi menyoroti sikap masyarakat terhadap kampanye menjaga protokol kesehatan (prokes). Hal ini lantaran upaya ini yang paling banyak dilanggar masyarakat. Terutama di wilayah pedesaan. Budi mencontohkan saat dirinya berkunjung ke Bangkalan dan Kudus. Hampir jarang terlihat masyarakat memakai masker.

“Tidak ada kedisiplinan dan kesadaran. Bahkan saat saya ke Bangkalan, di sana sama sekali tidak ada yang pakai masker. Kita pakai polisi untuk membujuk tidak mempan. Gunakan kyai juga sama nggak nurut juga. Ini salah satu penyebab naiknya angka positif Covid usai lebaran,”ujar Budi.

Menteri kesehatan pun berharap, masyarakat lebih disiplin menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun. “Apapun metodenya, tetap kembali ke kedisiplinan menerapkan prokes. Memang kondisi ini melelahkan. Tapi kalau sudah terkena lebih melelahkan lagi,”pungkas Budi Gunadi.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait