Foto: Istimewa

Prediksi Manchester United vs Tottenham, Pembuktian Mantan dan Calon Mantan

Ceknricek.com -- Duel panas akan tersaji dalam lanjutan Premier League 2019/2020 pertengahan pekan ini. Kolektor trofi Liga Inggris terbanyak, Manchester United akan berhadapan dengan finalis Liga Champions musim lalu, Tottenham Hotspur, Rabu (4/12) atau Kamis (5/12) dini hari WIB.

Pertandingan yang akan digelar di Old Trafford, markas MU ini akan menandakan kembalinya mantan manajer mereka, Jose Mourinho yang kini menangani Tottenham. Jose akan berhadapan dengan klub yang pernah ditanganinya dalam dua setengah musim, yang kini ditangani oleh penggantinya, Ole Gunnar Solskjaer.

Saat ini, Spurs sedang menikmati masa bulan madunya bersama The Special One. Sejak menggantikan Mauricio Pochettino pada 20 November lalu, Mourinho sukses mengantarkan Spurs meraih dua kemenangan beruntun di Premier League dan satu kemenangan di Liga Champions.

Di Premier League, Spurs yang sebelum kedatangannya berada di peringkat 14 klasemen di bawah MU, kini berada di peringkat 6 klasemen sementara dengan torehan 20 poin, terpaut 6 angka dari Chelsea di peringkat 4 dan 2 angka dari MU di peringkat 10.

Sumber: Istimewa

Sebaliknya, pada periode yang sama MU di bawah arahan Solskjaer justru sedang mengalami masa kritis. Dalam tiga pertandingan terakhir MU, Setan Merah gagal menang, dua kali imbang di Premier League dan sekali kalah di Liga Eropa.

Apesnya, dua hasil imbang itu didapat dari tim promosi Sheffield United (3-3) dan Aston Villa. Sementara kekalahan di Liga Eropa didapat dari tim “antah-berantah”, FC Astana dari Liga Kazakhstan.

Desakan “Ole Out” kini mulai terdengar dari para suporter MU. Solskjaer kini tak bisa duduk nyaman lagi, dan berpotensi menjadi calon mantan manajer MU. Perlu diingat, musim lalu sendiri Mourinho dipecat di bulan Desember.

Sumber: Istimewa

Tak heran apabila laga menghadapi Spurs nanti malam bisa menjadi salah satu pertimbangan apakah mantan pemain MU era Sir Alex Ferguson itu masih layak menangani Marcus Rashford dkk. Apesnya, mereka kini berhadapan dengan Spurs yang sedang on fire di bawah Mourinho.

Baca Juga: Setelah Pochettino dan Emery, Giliran Ole Out?

Terkait kembalinya Mourinho ke Old Trafford, Solskjaer sendiri mengaku tak terlalu mempersoalkan hal itu. Menurutnya, fans MU masih memandang Mourinho sebagai manajer yang sukses menyumbangkan trofi Liga Eropa dan Piala Liga di musim 2016/2017.

“Jose Mourinho akan mendapat sambutan yang sangat baik. Itu adalah komitmen dari klub, para suporter dari klub ini. Mereka mengingat jasa-jasanya di sini, termasuk piala-piala yang dimenanginya,” kata Solskjaer seperti dilansir BBC.

“Saya telah menjalani 50 laga setelah kepergiannya dan klub tidak berada di tempat seharusnya atau tempat yang kami inginkan. Kami tahu kami butuh berkembang lagi,” tambah mantan pemain berjuluk Baby-faced Assassin itu.

Sementara Mourinho sendiri mengaku sudah tak sabar untuk reuni dengan mantan klubnya. Apalagi Mou mengaku merasa bahagia selama dua setengah musim menangani MU.

“Kembali ke Old Trafford adalah kembali ke tempat dimana saya pernah bahagia, saya bisa katakan itu. Saya memiliki hubungan yang baik dengan para suporter,” ucap Mourinho.

Sumber: Istimewa

“Saya merasa baik, saya suka bermain di laga besar. Saya suka bermain dengan tim terbaik dan itu yang paling penting,” kata mantan manajer Chelsea, Inter Milan dan Real Madrid itu.

Menghadapi Spurs, MU kemungkinan tak bisa menurunkan gelandan mereka, Paul Pogba yang masih dalam proses pemulihan cedera ankle. Padahal Pogba sendiri sebenarnya cukup berapi-api menghadapi Spurs, mengingat dirinya disinyalir sebagai salah satu pemain yang berselisih dengan Mourinho saat masih di MU.

Tanpa Pogba, Solskjaer kemungkinan akan mengkombinasikan duet Scott McTominay dan Fred di lini tengah. Sementara lini serang mereka akan diisi Anthony Martial disokong oleh Rashford di belakangnya. Dua nama terakhir ini juga disebut-sebut memiliki masalah dengan Mourinho.

Sumber: Istimewa

Di kubu Spurs, Mourinho sepertinya akan kembali mengandalkan Dele Alli, yang pada laga terakhir menghadapi Bournemouth sukses mencetak dua gol. Mourinho juga siap menurunkan bintang asal Korea Selatan, Son Heung-min serta sang kapten, Harry Kane untuk mengisi daya gedor Spurs.

Satu catatan yang perlu diperbaiki Spurs adalah mereka selalu kebobolan dua gol dari tiga laga bersama Mourinho. Meski di lain sisi mereka sukses mencetak 10 gol, tentunya rapuhnya pertahanan Spurs harus segera dibenahi manajer asal Portugal itu, yang selama ini dikenal memiliki tim dengan pertahanan solid.

Tekanan tentu lebih berada di sisi Manchester United, khususnya Solskjaer yang posisinya saat ini tidak nyaman. Meski demikian, jika para pemain bisa tampil bagus khususnya ketika mereka ingin membuktikan diri kepada sang mantan manajer, sebenarnya peluang MU untuk memetik angka penuh juga relatif besar.

Prakiraan Susunan Pemain:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Williams; McTominay, Fred; James, Lingard, Rashford; Martial

Tottenham Hotspur: (4-2-3-1): Gazzaniga; Aurier, Alderweireld, Sanchez, Rose; Dier, Winks; Sissoko, Alli, Son; Kane

Prediksi 50-50.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait