Presiden Jokowi: November Uji Coba LRT Cibubur-Cawang | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Setkab

Presiden Jokowi: November Uji Coba LRT Cibubur-Cawang

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, pemerintah kembali akan menambah moda transportasi di Jakarta dengan mengoperasikan Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT), November 2019.

Kepastian itu disampaikan Presiden Jokowi melalui laman Facebooknya, Rabu (6/11). Menurut Jokowi, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek yang dikirim PT INKA (Persero) pada 8 Oktober lalu, akan menjalani serangkaian uji coba di jalur LRT yang telah membentang di jalur Cibubur-Cawang.

"Inilah moda transportasi terbaru yang akan melayani penumpang di Jakarta dan sekitarnya setelah kereta MRT,” tulis Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan, jika rampung nanti akan ada 31 rangkaian kereta LRT yang melayani jalur Cawang-Cibubur, Cawang-Dukuh Atas, dan Cawang- Bekasi Timur. 

Presiden Jokowi: November Uji Coba LRT Cibubur-Cawang
Sumber: CNBC

Baca Juga: Proyek LRT Fase II Masuk Tahap Studi Kelayakan

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali menegaskan bahwa LRT Jabodebek baru bisa beroperasi pada 2021 mendatang. Kendati demikian, dia sudah bisa memperkirakan tarifnya. Tarif yang dipatok telah disubsidi 50% oleh pemerintah. 

"Tarifnya nanti Rp12.000 itu sudah disubsidi karena harga komersilnya Rp25.000 dari Cibubur-Dukuh Atas," kata Budi Karya.

LRT yang melayani jalur Cawang-Cibubur telah melalui beberapa proses pengujian, yakni tes dinamis sejak 18 Oktober 2019 dengan item tes meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High Speed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display) System Test.

Progres pembangunan LRT Jabodebek hingga hari ini sudah mencapai 66,13 persen. Rinciannya, Lintas Cawang-Cibubur 85,73 persen, Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 56,10 persen, dan Lintas Cawang-Bekasi Timur 59,52 persen. 

Diprediksi pembangunan ketiga Lintas akan selesai pada tahun 2020 dan sudah operasional tahun 2021. Kereta LRT dapat menampung 1.308 penumpang jika dalam keadaan padat, dan 740 orang dalam keadaan normal. Dengan headway atau waktu tunggu penumpang selama 2-3 menit di setiap stasiun. 

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait