Foto: Dok.Ceknricek.com

Prof. Ari Kuncoro Segera Dilantik Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019-2024

Ceknricek.com -- Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D dijadwalkan dilantik menjadi Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Gedung Balai Purnomo Universitas Indonesia, Kampus UI, Depok, Rabu (4/12). Acara pelantikan dan serah terima jabatan Rektor UI dari Prof. Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met kepada Prof. Ari Kuncoro itu, dijadwalkan mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin, S.E., M.Si di Jakarta, Selasa (3/12). Menurut Saleh Husin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim M.B.A akan hadir menyaksikan serta  menyampaikan Pidato pada upacara pelantikan Rektor UI.

Kepala Humas dan KIP UI, Dr. Rifelly Dewi Astuti, S.E., M.M. menambahkan, upacara pelantikan yang dipimpin Ketua MWA UI Saleh Husin akan dihadiri oleh para Anggota MWA UI.

Prof. Ari Kuncoro Segera Dilantik Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019-2024
Foto: Dok.Ceknricek.com

Di antaranya Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D (Menteri Keuangan RI), Erick Thohir, B.A., M.B.A. (Menteri BUMN RI), Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro (Menteri Riset dan Teknologi RI/Kepala BRIN), dan para pimpinan di lingkungan UI, kalangan dosen, mahasiswa, ILUNI UI akan hadir dalam agenda tersebut.

Baca Juga: Majelis Wali Amanat UI: 3 Kandidat Rektor Akan Lakukan Debat Publik

Sekadar mengingatkan, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D terpilih menjadi Rektor UI periode 2019-2024 setelah mendapatkan 16 suara dalam pemungutan suara yang dilakukan para Anggota Majelis Wali Amanat UI (MWA UI), Rabu 25 September lalu, di Makara Art Center UI kampus Depok. Pemungutan suara dilakukan usai pelaksanaan Debat Publik Tiga Besar Calon Rektor UI bertajuk “Bangsa dan Negara Menanti Dharma Baktimu”.

Prof. Ari Kuncoro Segera Dilantik Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019-2024
Foto: Dok.Ceknricek.com

Mengutip www.ui.ac, pemungutan suara dilakukan secara bebas yaitu setiap anggota MWA (kecuali Rektor, yang secara ex-officio menjadi anggota MWA) berhak memberikan suaranya tanpa paksaan dan tekanan oleh atau dari siapapun. Adapun jumlah Anggota MWA UI yang berhak untuk memilih berjumlah 15 orang. Setiap Anggota MWA memiliki hak 1 (satu) suara kecuali Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempunyai 35% (tiga puluh lima persen) hak suara dari jumlah seluruh hak suara atau 8 suara.

Prof. Ari Kuncoro Segera Dilantik Menjadi Rektor Universitas Indonesia 2019-2024
Foto: Dok.Ceknricek.com

Ketua MWA UI Saleh Husin menuturkan, “Proses pemilihan Rektor UI berjalan berdasarkan asas profesional, non-diskriminatif, akuntabel dan transparan. Kami berharap, siapapun Rektor UI Terpilih kelak adalah pribadi yang terbaik dan telah siap untuk semakin memajukan UI serta bangsa Indonesia,” katanya.

Dalam pidatonya usai penetapan Rektor Terpilih, Prof. Ari Kuncoro menuturkan, “Saya akan melanjutkan estafet kepemimpinan Rektor UI Prof. Anis, yaitu melanjutkan The Next Level of Excellence, so what’s next?--sehingga kita bisa membuat perbaikan yang terus-menerus. Ada satu peribahasa dari Suku Bushman Afrika Selatan (Padang Kalahari). Jika ingin berburu dengan cepat dan memperoleh hasil banyak, maka berjalanlah bersama-sama. Untuk itu, mari kita bersama bersinergi dan berkolaborasi untuk UI yang semakin baik”.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait