Foto: Ashar/Ceknricek.com

Profil Singkat Maruf Amin, Ulama yang Terpilih Jadi Wapres

Ceknricek.com -- Joko Widodo dan Maruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia 2019-2024 setelah dimabil sumpahnya, Minggu (20/19) di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Ma'ruf setelah sebelumnya presiden Jokowi mengucapkan sumpah yang sama.

Setelah itu, keduanya juga menandatangani berita acara pelantikan. Selain presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin, seluruh pimpinan MPR juga ikut menadatangani berita acara pelantikan. Sebanyak 689 anggota MPR hadir dalam sidang paripurna ini.

Acara pelantikan itu juga dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri, Mantan Presiden Jusuf Kalla, serta sejumlah tokoh nasional lain.

Rival Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 lalu juga hadir. Mereka adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Keduanya tiba di Gedung DPR/MPR bersamaan seperti masih menjadi pasangan calon Pilpres 2019.

Diketahui sebelumnya, Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,5 persen suara sah. Sementara Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara atau 45,5 persen. 

Sumber: Istimewa

Baca Juga: Pidato Lengkap Joko Widodo Setelah Dilantik Jadi Presiden RI 2019-2024

Hasil penghitungan resmi KPU itu sempat digugat Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi. Namun MK menolak seluruh gugatan Paslon 02. KPU pun menetapkan hasil tersebut pada 30 Juni 2019 lewat Keputusan KPU RI Nomor 1185/PL.01.9_KPT/06/KPU/VI/2019.

Bagi Jokowi, kemenangan ini merupakan kedua kalinya atas terhadap Prabowo Subianto dalam Pilpres. Sementara itu, bagi Maruf Amin, ini merupakan kali pertama bagi kyai kelahiran Tangerang pada 11 Maret 1943 ini. Usia Maruf saat dilantik adalah 76 tahun.

Wakil Presiden Tertua Dalam Sejarah

Ma'ruf Amin bukan nama baru dalam kancah perpolitikan tanah air. Ia memiliki pengalaman 7 tahun sebagai Anggota Dewan Presiden (2007-2014). Ia punya pengalaman sebagai anggota legislatif dari tahun 1971 hingga 1999.

Sumber: Antara

Ma'ruf Amin juga anggota Badan Pertimbangan Ideologi Pancasila bersama Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya. BPIP sendiri diketuai Megawati Soekarnoputri.

Pada beberapa kesempatan, ulama yang akhirnya memilih untuk terjun ke dunia politik ini membandingkan usianya dengan Perdana Menteri malaysia Mahathir Muhammad yang menjabat dalam usia 93 tahun.

Ma'ruf mengatakan umurnya belum setua Mahathir. "Kalau soal tua, saya masih lebih muda dari Mahathir. Umurnya 93 tahun saat jadi perdana menteri, kalau saya kan belum sampai. 80 tahun saja belum. Kalau yang 93 berani jadi perdana menteri, kenapa saya yang belum 80 tidak berani jadi wapres?," katanya.

Meski begitu, Ma'ruf Amin tercatat sebagai wapres tertua sepanjang sejarah republik. Wapres RI pertama, Mohammad Hatta berusia 43 tahun saat mendampingi Presiden Sukarno. 

Para wapres yang pernah mendampingi Presiden ke-2 Soeharto rata-rata juga berusia 58-61 tahun saat dilantik. Mereka adalah Hamengkubuwono IX (61 tahun), Adam Malik (61 tahun), Umar Wirahadikusuma (59 tahun), Sudharmono (61 tahun), Try Sutrisno (58 tahun), dan BJ Habibie (62 tahun). 

Setelah era Soeharto berakhir, Megawati Soekarnoputri kemudian menjadi wakil presiden dan dilantik saat ia berusia 52 tahun. Setelah Megawati, ada Wapres Hamzah Haz yang dilantik pada usia 61 tahun. Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pun memiliki dua wapres pada dua periode pemerintahannya. 

Pada periode pertama, Jusuf Kalla menjadi wapres pada usia 62 tahun. Sementara Boediono menjadi wapres pada periode kedua pemerintahan SBY saat berusia 66 tahun. Jusuf Kalla kemudian kembali menjadi wapres pada era Presiden ke-7 Joko Widodo di tahun 2014-2019. Ketika dilantik kembali, usia Jusuf Kalla saat itu 72 tahun.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait