PSBB Total, Anies Hanya Izinkan Tempat Ibadah di Permukiman | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
ilustrasi: Petugas merapikan jarak untuk salat di Masjid Cut Meutia, Jakarta, Kamis (4/6/20). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww)

PSBB Total, Anies Hanya Izinkan Tempat Ibadah di Permukiman

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyesuaikan tempat ibadah di seluruh Jakarta selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Total yang diberlakukan pada 14 September 2020.

Anies menegaskan tempat ibadah yang masih bisa buka dengan pembatasan dan protokol kesehatan ketat, adalah tempat ibadah yang dikhususkan bagi warga setempat atau tempat ibadah lingkungan.

"Artinya, rumah ibadah raya yang jamaahnya datang dari mana-mana seperti Masjid Raya tidak dibolehkan untuk dibuka, harus tutup," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu.

"Akan tetapi, rumah ibadah di kampung, di komplek yang digunakan oleh masyarakat dalam kampung itu sendiri, dalam Kompleks itu sendiri masih boleh buka," ucap Anies.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Tutup Tempat Hiburan Selama PSBB Total

Kendati demikian, lanjut Anies, ada perkecualian bagi kawasan-kawasan yang memiliki jumlah kasus tinggi, wilayah-wilayah RW, dengan kasus tinggi, kegiatan beribadah harus dilakukan di rumah saja.

 "Tapi yang lainnya, bisa melakukan kegiatan selama hanya untuk warga di wilayah itu dan bukan tempat ibadah raya yang pengunjung dan jamaahnya datang dari berbagai tempat, di mana disitu terjadi potensi Interaksi yang ada potensi penularan,” tutur Anies.

PSBB total kembali diberlakukan Pemprov DKI karena naiknya kasus positif Covid-19 (positivity rate) sebesar 13,2 persen yang di atas ketentuan aman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di bawah angka lima persen, serta perkembangan angka kematian, akhirnya DKI Jakarta memutuskan untuk memberlakukan PSBB Total.

"Dengan melihat keadaan darurat ini gak ada pilihan lain selain keputusan untuk tarik rem darurat. Artinya kita terpaksa berlakukan PSBB seperti awal pandemi, inilah rem darurat yang harus kita tarik,”ujar Anies. (Antara)

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait