Rusia Mulai Lakukan Uji Klinis Vaksin Kedua Covid-19 | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Rusia Mulai Lakukan Uji Klinis Vaksin Kedua Covid-19

Ceknricek.com -- Institut virologi kelolaan pemerintah Rusia mulai melakukan uji klinis pada manusia calon vaksin Covid-19 kedua, dengan menyuntikkan dosis pertama pada lima relawan, Senin (27/7/20).

Dikutip dari Reuters, kantor berita RIA memberitakan pada Selasa (28/7) bahwa relawan berikutnya dalam uji coba yang dilakukan oleh institut virologi Vector di Siberia akan menerima suntikan pada 30 Juli.

RIA mengutip lembaga pengawas keamanan konsumen Rospotrebnadzor Menyatakan bahwa menurut laporan itu, tiap individu merasa baik-baik saja setelah dilakukan uji klinis percobaan vksin.

Daftar semua uji klinis milik pemerintah menunjukkan bahwa institut, yang diawasi oleh Rospotrebnadzor itu sedang menguji vaksin peptida menggunakan platform yang pertama kali dikembangkan untuk Ebola.

Baca juga: Uji Vaksin Covid-19 Tahap Ketiga Dilakukan di Uni Emirat Arab

Uji coba berikutnya diharapkan mampu menambah hingga 100 relawan antara usia 18 sampai 60 tahun, menurut data uji klinis. Vector sedang mengerjakan enam calon vaksin berbeda Covid-19, menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Fasilitas riset lainnya milik negara di Moskow, Gamaleya Institute, awal Juni telah merampungkan uji klinis awal calon vaksin berbasis adenovirus pada manusia dan diharapkan memasuki uji coba berskala besar pada Agustus.

Lebih dari 100 calon vaksin untuk menghentikan pandemi virus corona di seluruh dunia sedang dikembangkan. Sedikitnya empat calon berada dalam uji klinis manusia Tahap III, menurut data WHO, termasuk tiga calon vaksin yang dikembangkan di China dan di Inggris.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait