Sumber: CNN

Sebanyak 12 Calon Wakil Menteri Merapat ke Istana  

Ceknricek.com -- Setidaknya 12 calon wakil menteri merapat ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk menghadap Presiden Joko Widodo, Jumat (25/10). Seluruh calon wamen itu mengenakan baju putih, dan masuk ke Istana secara bergantian sejak pukul 08.30 WIB.

Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat Dirut PT Inalum, menjadi calon wamen pertama yang masuk Istana. Menyusul kemudian Zainut Tauhid Sa'adi MSi (petinggi dari Partai Persatuan Pembangunan dan Wakil Ketua MUI), Wahyu Sakti Trenggono (mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin), Angelia Tanusoedibjo (putri dari Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo, satu-satunya calon perempuan), Surya Chandra (politisi Partai Solidaritas Indonesia).

Sumber: Setkab

Selanjutnya, John Wempi Wetipo SH MH (mantan Bupati Jayawijaya dua periode 2008-2018), Kartika Wirjoatmodjo (direktur utama PT Bank Mandiri Tbk.), Mahendra Siregar (mantan Wakil Menteri Perdagangan Indonesia), Alue Dohong (Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut), Budi Ari Setiadi (mantan ketua relawan Jokowi Projo), Jerry L. Sambuaga (politisi Partai Golkar), dan terakhir Suahasil Nazara (Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan).

Baca Juga: Dua Menko Kader NU dan Muhammadiyah

Tersiar kabar, para wamen akan dilantik Presiden Jokowi hari ini, Jumat (25/10). Adapun pos yang akan diisi, antara lain, Wakil Menteri Pertahanan, Wakil Menteri Agama, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Wakil Menteri BUMN, dan Wakil Menteri Desa.

Sumber: Istimewa

Kabinet Indonesia Maju, seperti diketahui, memiliki 34 pos kementerian dan empat pos setara menteri. Dalam satu pos kementerian, wamen bisa saja dijabat lebih dari satu orang, salah satunya BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengajukan empat nama calon wamen kepada Presiden Jokowi. Dia memandang posisi wamen BUMN sangat penting untuk membantunya mencapai sejumlah target. Presiden Jokowi bahkan sudah merestui permintaan tersebut.

BACA JUGA: Cek  AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait