Sebelas Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Sebelas Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Ceknricek.com -- Salak adalah buah asli dari Indonesia, buah ini mempunyai bentuk yang unik. Nama ilmiah dari buah salak adalah Salacca Zalacca, buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Dirangkum dari Health Benefit Times, berikut 11 manfaat buah salak untuk kesehatan:

1. Kesehatan Daya Ingat

Salak mempunyai kandungan kalium dan pektin yang tinggi, kandungan ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan daya ingat.

2. Mengontrol Gula Darah

Tidak hanya daging buahnya saja, kulit buah salak juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Kulit buah salak bisa dijadikan teh, kandungan pada kulit buah salak dapat membantu dalam meregenerasi sel dipankreas yang membantu untuk mengontrol diabetes. Buah salak juga mengandung pterostilbene yang berguna untuk menurunkan glukosa dalam darah yang dapat bermanfaat untuk mengendalikan diabetes.

3. Kesehatan Jantung

Banyak manfaat buah salak, salah satunya untuk kesehatan jantung. Didalam buah salak mengandung potasium yang berguna untuk kesehatan jantung, salak juga mengandung antioksidan dan mineral yang tinggi sehingga berguna menjaga sistem kardiosvakuler dengan baik dan membantu penganturan peredaran cairan di dalam tubuh.

4. Kesehatan Mata

Salak ternyata juga cukup baik untuk kesehatan mata, kandungan betakaroten di dalam buah salak dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

5. Menjaga Stamina

Kandungan vitamin A pada buah salak dapat membantu menjaga stamina, ini sangat baik sekali, karena dengan stamina yang baik maka aktivitas akan dapat dilakukan dengan maksimal.

6. Banyak Nutrisi

Salak adalah salah satu buah yang padat nutrisi, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, kandungan vitamin dan mineral pada buah salak dapat bermanfaat untuk menjaga fungsi tubuh. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu melawan kerusakan sel dan jaringan serta dapat mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik yang berbahaya. Mengonsumsi buah Salak dengan porsi yang teratur dapat mengurangi resiko pembentukan wasir.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah salak untuk ibu hamil juga ada, salak baik dikonsumsi untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness, tentunya dengan porsi yang tepat.

8. Kesehatan Kulit

Salak berguna untuk kesehatan kulit, vitamin C yang terkandung pada buah salak berguna untuk mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan senyawa flavonoid pada buah salak terbukti efektif untuk menurunkan kadar senyawa pigmen yang memberikan warna pada kulit.

9. Mengontrol Asam Urat

Salak dapat juga digunakan untuk mengontrol kadar asam urat, kandungan enzim xanthin oksidase dapat dihambat oleh kandungan yang dimiliki oleh buah salak, perlu diketahui enzim xanthin oksidase adalah enzim yang berperan dalam pembentukan asam urat.

10. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Salak kaya oleh kandungan serat, dan salak memiliki antioksidan yang tinggi, kandungan kalsium dan karbohidrat pada salak dapat memberikan energi dan stamina yang diperlukan tubuh saat menjalani diet.

11. Kesehatan Pencernaan

Salak merupakan buah yang padat nutrisi, kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid, serta betakaroten. Kandungan tanin pada buah salak memiliki sifat anti diare, sehingga dapat membantu dalam penyembuhan diare, salak juga dapat mengobati gangguan pencernaan yang lain, makan buah salak beserta kulit arinya dapat juga mencegah sembelit.

Baca juga: Lima Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait