Sony Disebut Rilis PS5 Pro September 2024, Ini Bocoran Spesifikasinya | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Sony Disebut Rilis PS5 Pro September 2024, Ini Bocoran Spesifikasinya

Ceknricek.com -- Sony telah mengumumkan konsol PlayStation 5 (PS5) sejak 2020 lalu. Namun beredar pula kalau penerusnya juga bakal dirilis, yang diberi nama PS5 Pro.

Menurut bocoran terbaru, Sony PS5 Pro ini kemungkinan dirilis September 2024. Konsol ini akan hadir dengan performa lebih tinggi dari PS5 biasa.

Kabar ini pertama kali dibagikan oleh akun di forum ResetEra. Ia mengungkapkan kalau PS5 Pro kemungkinan hadir dengan GPU baru yang disebut Viola.

Prosesor grafis ini dibuat dengan fabrikasi 4NP TSMC dengan target frekuensi 2GHz. Sementara arsitekturnya adalah AMD RDNA3 yang menampilkan 30WGP ketika diaktifkan sepenuhnya.

Untuk CPU, PS5 Pro ini disebut tetap membawa arsitektur AMD Zen 2. Namun frekuensi puncaknya mencapai 4.4 GHz.

Sementara untuk storage alias penyimpanan, PS5 Pro akan muncul dengan RAM DDR6 16GB dengan bandwidth 576GB/s.

Adapun keunggulan PS5 Pro dibanding PS5 biasa dirumorkan memiliki memori dan ray tracing yang lebih tinggi, sebagaimana dikutip dari India Today, Rabu (13/12/23).

Akun itu mengklaim kalau Sony ingin mencapai output 4K yang ditingkatkan secara stabil dengan lebih dari 30 frame per detik (fps).

Sementara untuk rumor tanggal peluncuran PS5 Pro disebut bakal rilis pada September 2024, lebih cepat dari gosip sebelumnya yang menyatakan pada November 2024.

Kendati begitu, Sony PS5 Pro ini masih sebatas rumor. Belum ada informasi resmi dari perusahaan asal Jepang soal kehadiran konsol tersebut.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait