Foto: Ashar/Ceknricek.com

Sosok Bang Dzoel, Fotografer Disabilitas yang Mendunia

Ceknricek.com -- Bertemu sosok yang satu ini tentu Anda akan langsung terkesima dan ingin berteriak, "Wow!". Lahir dengan keterbatasan fisik pada tangan dan kakinya, Achmad Zulkarnain membuktikan diri mampu menjadi seorang fotografer andal.

Bayangkan saja, pria yang akrab disapa Bang Dzoel mampu memegang kamera DSLR Canon dengan lensa seberat 5 kg. Sejurus kemudian, ia mengambil gambar. Terlihat pria kelahiran Banyuwangi itu sudah mahir memegang kamera dengan separuh tangannya.

Sebenarnya bukan hal yang mudah buat pria berusia 25 tahun itu melakukan hal tersebut. Ia mengaku melewati beberapa proses latihan, dari kesulitan pegang hingga kamera terjatuh.

Bahkan Dzoel sampe kelelahan dan sakit bahu karena ukuran berat kamera. Namun, itu dulu berkat latihan pantang menyerah sekarang Dzoel mahir super handal memainkan kamera.

Sosok Bang Dzoel, Fotografer Disabilitas yang Mendunia
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Sejumlah Artis dan Kaum Disabilitas Kampanyekan "Gerak Tak Terbatas"

Dzoel mampu secepat kilat memencet walau untuk menekan tombol "on/off" pada kamera DSLR, ia menggunakan bibir, sedangkan bagian bawah tangannya yang kecil untuk menekan shutter. Dzoel mengaku sudah tiga tahun lamanya menekuni bidang fotografi.

Ketika memulai belajar fotografi, pria yang saat ini berdomisili di Jakarta itu memulainya dengan belajar sendiri alias otodidak setelah itu ia satu bulan belajar fotografi di Darwis Triadi School of Photography.

Kecintaannya terhadap dunia fotografi berawal dari pekerjaannya sebagai tukang foto KTP di sebuah warung internet di Banyuwangi. Ingin menekuni fotografi, Dzoel keluar dari pekerjaannya dan membeli kamera Canon 1100 D secara kredit.

Dzoel tercatat mendapatkan penghargaan dari Rekor MURI atas kerja kerasnya sebagai fotografer difabel. Hal ini lantaran ia mampu memotret di ketinggian 2.799 meter di atas permukaan laut, yaitu Kawah Ijen.

Keberhasilan Dzoel ini membuat banyak media yang memberitakan tentang pencapaiannya. Bahkan salah satu media internasional, Al Jazeera meliput profil Bang Dzoel.

"Dzoel has no hands or legs but he doesn’t let that get in the way of his photography #AJShorts," tulis akun Twitter @AJEnglish, 3 Desember 2017.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait