Foto: Istimewa

Tari Talempong Pacik di Festival Pesona Minangkabau 2019 Pecahkan Rekor MURI

Ceknricek.com -- Tari tradisional talempong pacik yang dtampilkan dalam Festival Pesona Minangakabau 2019 di Istano Basa Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (4/12) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).

Dalam acaara festival budaya Minangkabau yang didukung provinsi tetangga dan negeri Malaysia, Pagaruyuang Ekspo itu, total sebanyak 1.599 pemain alat musik radisional Minang talempong pacik berhasil memecahkan MURI dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah.

Manager Senior MURI, Awan Rahargo mengatakan Kabupaten Tanah Datar telah berhasil memecahkan rekor pertunjukan talempong pacik dengan peserta terbanyak. Adapun rekor sebelumnya dicetak di Kabupaten Limapuluh Kota pada tahun 2012 dengan 1.000 peserta dan di Kota Padang tahun 2015 dengan 1.371 peserta. 

"Artinya, dengan jumlah 1.599 pemain talempong pacik, Tanah Datar sudah memenuhi kriteria untuk masuk ke dalam rekor MURI Indonesia untuk rekor yang paling banyak pesertanya," kata Awan, pada Rabu (4/12) dilansir dari Antara. 

Baca Juga: Tari Soreng Dengan 12.276 Penari Dicatat Rekor MURI

Dia pun mengatakan bahwa secara keseluruhan sebenarnya Kabupaten Tanah Datar sudah memecahkan tiga rekor MURI melalui Festival Pesona Minangkabau semenjak 2017. Pada tahun itu, mereka telah memecahkan rekor arakan jamba terbanyak dengan 1.111 jamba dari 75 nagari dan tahun 2018 mencetak rekor minum kawa daun dalam festival serupa. 

Menurut Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi, Festival Pesona Minangkabau sendiri merupakan bagian dari Sumatra Barat dalam upaya mereka melestarikan budaya Minang di Tanah Datar sebagai pusek jalok pumpunan ikan, atau pusat segala kegiatan dan kehidupan masyarakat.

Festival Pesona Minangkabau sendiri akan dimeriahkan dengan pameran budaya lainnya dan belasan acara pariwisata, termasuk pacu jawi di Sungai Tarab yang berlangsung hingga Minggu, 8 Desember 2019 di Tanah Datar.

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait