Temui PM Malaysia Muhyiddin Yasin, Jokowi Bahas Perlindungan Pekerja Migran | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: BPMI Setpres 2021

Temui PM Malaysia Muhyiddin Yasin, Jokowi Bahas Perlindungan Pekerja Migran

Ceknricek.com -- Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin membahas seputar penempatan dan perlindungan pekerja migran dalam pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, (5/2/21).

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengcapkan terima kasih atas perlindungan Malaysia terhadap warga negara Indonesia dan tenaga migran Indonesia di Malaysia, khususnya selama pandemi.

"Pertemuan bilateral dengan PM Muhyiddin berjalan baik, terbuka dan komprehensif. Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas perlindungan WNI di Malaysia terutama selama pandemi," kata Jokowi seusai pertemuan dengan PM Malaysia di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, (5/2/21).

Berkaitan perlindungan pekerja migran, Jokowi juga menekankan pentingnya penyelesaian pembuatan memorandum of understanding baru mengenai penempatan dan perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia.

Selain itu kedua negara menurutnya juga membutuhkan one channel system agar penempatan tenaga kerja lebih baik untuk mencegah pekerja menjadi korban perdagangan manusia.

Sementara itu PM Malaysia Muhyiddin Yassin menyampaikan penghargaan kepada Presiden Jokowi yang telah membantu memudahkan tata cara deportasi pekerja migran Indonesia yang tidak sah di Malaysia.

PM Muhyiddin juga meminta agar perwakilan Indonesia di Malaysia bisa melakukan rekalibrasi, pemutihan atau amnesti atas kepulangan pekerja migran yang tidak sah yang akan berlangsung hingga Juni 2021.

Di sisi lain PM Muhyiddin juga meminta Presiden Jokowi untuk meningkatkan usaha dalam memastikan WNI yang ingin bekerja dan berusaha di Malaysia masuk melalui saluran yang sah.

PM Muhyiddin mengatakan selanjutnya akan ada MoU untuk memastikan perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia selaras dengan ekspresi UU Buruh di masing-masing negara. (Antara)

Baca juga: 158 Pekerja Migran Indonesia Direpatriasi dari Pasifik

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan 7 Duta Besar Negara Sahabat 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait