Tiga Manfaat Makan Cokelat untuk Kesehatan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Tiga Manfaat Makan Cokelat untuk Kesehatan

Ceknricek.com -- Cokelat memiliki begitu banyak manfaat yang terbungkus dalam setiap gigitan. Dilansir dari study finds pada Senin (14/2/22), orang-orang telah menikmati cokelat selama ribuan tahun.

Ternyata cokelat benar-benar membawa manfaat kesehatan yang menarik jika dimakan dalam jumlah sedang tentu saja.

Tiga Manfaat Makan Cokelat
Sumber: Istimewa

Berikut adalah tiga manfaat kesehatan menarik yang Anda dapatkan dari makan cokelat:

1. Baik untuk Jantung dan Pembuluh Darah

Penelitian mengungkapkan makan cokelat setidaknya seminggu sekali dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Untuk melihat apakah manfaat cokelat meluas ke jantung, sebuah penelitian memeriksa data dari lebih dari 336 ribu pasien. Tim peneliti mencari hubungan antara berapa banyak cokelat yang mereka makan dan penyakit arteri koroner penyumbatan di arteri yang memasok darah ke jantung.

Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan cokelat setidaknya sekali seminggu memiliki risiko delapan persen lebih rendah terkena penyakit arteri koroner dibandingkan dengan peserta yang makan cokelat lebih jarang.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Makan cokelat meningkatkan memori dan fungsi kognitif lainnya. Cokelat bahkan dapat membantu mencegah penurunan mental jika dikonsumsi secara teratur.

Konsumsi kakao setiap hari meningkatkan perhatian, memori, kecepatan pemrosesan dan kelancaran verbal. Manfaat terbesar terlihat pada mereka yang menunjukkan tanda-tanda gangguan memori dan penurunan mental ringan.

3. Dapat Membantu Melawan Diabetes

Cokelat tampaknya seperti musuh dalam perang melawan diabetes. Namun, penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam cokelat sebenarnya dapat membantu tubuh melepaskan lebih banyak insulin dan merespons gula darah dengan lebih baik.

Para peneliti melakukan percobaan mereka pada hewan, memberi mereka makanan tinggi lemak yang kaya akan monomer epikatekin, yang merupakan senyawa yang umum ditemukan dalam kakao.

Dalam pemeriksaan, proses kecil yang terjadi antar sel, ditemukan bahwa senyawa kakao membantu sel beta mengeluarkan lebih banyak insulin secara lebih tepat waktu.

Ingatlah, selama Anda membatasi seberapa banyak Anda benar-benar makan, ada manfaat kesehatan yang bisa Anda nikmati. Seperti biasa, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum membuat perubahan apa pun pada gaya hidup atau diet Anda.

Baca juga: Peneliti: Cokelat Bagus Untuk Pembuluh Darah Jantung, Asal Tidak Berlebihan

Baca juga: Tiga Manfaat Cokelat Hitam untuk Kesehatan Rambut


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait