Tim Mercedez Ubah Warna Hitam Pekat, Simbol Antirasisme | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Tim Mercedez Ubah Warna Hitam Pekat, Simbol Antirasisme

Ceknricek.com -- Langkah sederhana namun sarat pesan kemanusiaan diambil Mercedes pada Formula One (F1) 2020. Tim yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu khas dengan warna perak itu memutuskan mengubah livery Mercedes W11 menjadi hitam pekat.

Gerakan Black Lives Matter yang awalnya hanya bergaung di Amerika Serikat (AS), kini sudah merambah negara-negara Eropa yang notabene banyak dihuni warga negara keturunan Afrika. Seakan tidak ingin ketinggalan, Mercedes yang berbasis di Inggris turut ambil bagian dalam kampanye Black Lives Matter.

Apalagi, Lewis Hamilton sebagai pembalap utama Mercedes juga pernah terkena dampak dari isu rasisme tersebut. Dia kerap diejek hingga di-bully dengan kata-kata tidak pantas mengingat warna kulitnya hitam padahal berasal dari negara Inggris. Keputusan berani tim Silver Arrows itu sangat diapresiasi Hamilton.

Pembalap berusia 35 tahun itu merasa senang karena manajemen tim benar-benar mendengarkan keluh kesahnya selama ini. Mereka turut mendukung gerakan antirasisme walaupun hanya mengganti warna mobilnya.

Baca Juga: Seri Silverstone Jadi Balapan F1 Paling Banyak Penonton 

Dia lantas berharap tindakan-tindakan kecil seperti ini bisa ditiru tim-tim lain untuk menunjukkan dukungan kepada mereka yang selalu didiskriminasi oleh kaum mayoritas.

“Saya ingin berterima kasih sebesar-besarnya kepada Toto Wolff dan Mercedes karena sudah mendengarkan dan memahami pengalaman saya menjadi korban rasisme, juga sudah mewujudkan pernyataan penting ini,” ucap Hamilton, dilansir The Guardian.

“Kami ingin membangun warisan yang melebihi F1. Jika kami bisa menjadi pemimpin perubahan dan mulai membentuk keragaman di dalam tim, itu akan mengirimkan pesan yang kuat,” tuturnya.

Sejauh ini, Hamilton memang menjadi satu-satunya pembalap kulit hitam yang berkiprah di ajang balapan jet darat tersebut. Pembalap asal Inggris itu menunjukkan bakatnya tidak kalah dengan para driver yang notabene mayoritas kulit putih. Terbukti, enam gelar juara dunia sudah dikoleksi pembalap kelahiran 7 Januari 1985 itu. Bahkan, dia mencetak hattrick juara dalam tiga musim terakhir.

Pihak Mercedes menjelaskan jika pemilihan warna hitam memang sengaja diambil sebagai bentuk dukungan dari gerakan antirasisme. Dengan begitu, langkah ini menjadi sebuah kepercayaan besar bagi Mercedes yang juga memerangi rasisme bukan hanya di Inggris, tapi di dunia. Karena itu, pihaknya berharap aspirasinya melalui perubahan warna dari mobil timnya bisa berdampak positif.

“Livery kami adalah janji publik kami untuk mengambil tindakan positif. Kami bermaksud menemukan dan menarik talenta terbaik dari latar belakang seluas mungkin untuk menciptakan jalur yang kredibel bagi mereka untuk mencapai olahraga kami dalam rangka membangun tim yang lebih kuat dan lebih beragam di masa depan,” ungkap Wolff dari Mercedez.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait