Tips Sekolah Tatap Muka Dimasa Pandemik | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Tips Sekolah Tatap Muka Dimasa Pandemik

Ceknricek.com—Pemerintah mewacanakan kombinasi sekolah tatap muka (offline) dan daring (online). Hal itu harus diantisipasi agar siswa siswi tidak tertular virus Covid-19. Berikut tips yang bisa diambil, untuk menghindari penularan Covid-19:

Mengecek Kondisi Tubuh sebelum Berangkat Sekolah

Sebelum berangkat ke sekolah, pastikan selalu mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Tujuannya, agar  tahu kondisi tubuh sedang sehat atau tidak. Kalau merasa panas, kurang enak badan, atau mengalami gejala kesehatan yang lain, lebih baik tetap belajar di rumah untuk sementara waktu. Dengan begitu, kita bisa mencegah penularan penyakit baru kepada orang lain.

Mengukur Suhu Tubuh saat di Sekolah

Meskipun tubuh kita fit, pastikan rutin mengecek suhu tubuh saat di sekolah. Pada dasarnya, pihak sekolah akan memeriksa suhu tubuh menggunakan thermogun saat akan memasuki area sekolah. Namun, sebaiknya kita juga melakukannya secara rutin, bisa setiap masuk sekolah, istirahat, maupun sebelum pulang sekolah.

Jika saat mengukur suhu tubuh, suhunya berada di angka 36-37,5 derajat Celcius, berarti tubuh kita diperkirakan dalam kondisi normal. Sementara jika suhunya di atas 37,5  derajat Celcius, maka pihak sekolah akan menyuruh kita pulang dan belajar di rumah, atau membawa kita ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

Membawa Bekal Makanan dan Peralatan Belajar Sendiri

Pembelajaran pada sekolah tatap muka akan dilaksanakan dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan biasanya. Waktu di sekolah lebih dimaksimalkan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga tidak ada jam istirahat di luar kelas. Jadi, tidak ada kesempatan untuk makan di kantin atau bermain di lapangan bersama teman-teman.

Tapi jangan khawatir, Bapak/Ibu guru tentu akan memberikan kesempatan waktu untuk makan atau minum jika kita sudah merasa lapar atau haus selama mengikuti pelajaran. Itulah sebabnya penting buat kita membawa bekal makanan sendiri.

Tak cuma itu, sebaiknya kita juga menggunakan peralatan belajar sendiri tanpa meminjam barang teman. Membawa bekal makanan dan peralatan belajar sendiri bisa menjadi cara efektif yang bisa kita terapkan untuk meminimalkan kontak fisik dengan teman.

Selalu Mengenakan Masker

Sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, kita  harus selalu mengenakan masker saat sekolah tatap muka. Jangan lupa bawa juga masker cadangan sebagai pengganti apabila masker yang kita pakai kotor. Pastikan masker tersebut dalam kondisi bersih dan higienis.

Apabila kita sudah merasa sesak karena terlalu lama menggunakan masker, sebaiknya  meminta izin kepada Bapak/Ibu guru untuk keluar sebentar. Kita bisa menuju ke tempat dengan udara yang bersih, seperti taman sekolah untuk sekadar menghirup udara segar. Setelah itu, segera masuk lagi ke dalam kelas agar tidak ketinggalan materi pelajaran yang disampaikan Bapak/Ibu guru.

Rajin Mencuci Tangan

Selama pembelajaran tatap muka, sekolah wajib menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun dan tisu. Dengan adanya fasilitas ini, kita harus rajin mencuci tangan agar tetap aman dan terhindar dari virus COVID-19. Cuci tangan  sesering mungkin, seperti sebelum masuk kelas, setelah memegang benda, setelah dari kamar mandi, dan sebagainya.

Selain mencuci tangan menggunakan air dan sabun, kita juga bisa menggunakan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih dari kuman. Selalu bawa hand sanitizer ke mana pun. Anggaplah benda ini sebagai salah satu bekal perlengkapan belajar di sekolah selama masa pandemi COVID-19.

Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Tips agar tetap aman selama pembelajaran tatap muka selanjutnya adalah mengusahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain. Paling tidak, kita harus menjaga jarak sekitar 1,5 meter saat berinteraksi dengan orang. Hindari berhadap-hadapan dengan orang lain dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan virus melalui perantara udara pernapasan. Tak cuma menjaga jarak, kita  juga harus menghindari kontak fisik dengan teman.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait