Foto: Istimewa

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha

Ceknricek.com -- Umat Islam di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha pada Minggu, (11/8). Tidak hanya melaksanakan salat Ied berjamaah dan melakukan pemotongan hewan kurban, ada berbagai tradisi unik di beberapa daerah di Tanah Air.

Saking uniknya tradisi-tradisi tersebut, banyak yang ikut dan turut memeriahkannya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tradisi-tradisi unik di Indonesia dalam menyambut Idul Adha.

Manten Sapi

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Foto: Liputan6.com

Tradisi unik ini dilakukan oleh masyarakat Pasuruan, Jawa Timur, untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Sebelum hewan kurban disembelih, sapi-sapi warga didandani secantik mungkin layaknya pengantin.

Hewan tersebut akan dikalungi bunga tujuh rupa, kemudian dibalut kain kafan, sorban, dan sajadah. Selesai didandani, semua sapi diarak oleh warga sekitar menuju masjid untuk diserahkan kepada panitia kurban untuk disembelih.

Grebeg Gunungan, Yogyakarta

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Guideku.com

Sama halnya seperti Idul Fitri, Grebeg Gunungan dilakukan warga Yogyakarta ketika Idul Adha. Tradisi turun-temurun di keraton ini digelar dengan membawa hasil bumi yang ditumpuk menyerupai gunung.

Rutenya dari Keraton Yogyakarta menuju Masjid Gede Kauman untuk upacara pembacaan doa. Acara puncaknya ditandai dengan warga memperebutkan isi gunungan tersebut. Mereka percaya siapa yang bisa mengambilnya akan mendapat berkah.

Kaul Negeri dan Aba'u, Maluku Tengah

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Istimewa

Warga Ambon dan sekitarnya punya tradisi unik setelah melakukan salat Idul Adha. Sebelum menyembelih kambing, hewan kurban akan digendong pemuka adat dan agama menggunakan kain. Diiringi alunan takbir dan selawat, kambing diarak menuju masjid.

Mepe' Kasur, Banyuwangi

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Antara

Mepe Kasur atau menjemur kasur merupakan tradisi yang kerap dilakukan masyarakat Banyuwangi, terutama warga Using. Mereka percaya dengan melakukannya dapat menjauhkan segala hal buruk dari rumah. Biasanya Mepe Kasur dilakukan sejak pagi hari saat cuaca cerah.

Apitan, Semarang

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Istimewa

Baca Juga: Tradisi Masyarakat Biak Papua Jadi Daya Tarik Festival Muara Wampasi 2019

Tradisi Apitan atau sedekah bumi di Semarang sudah dijalankan secara turun temurun yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas limpahan rezeki kepada warga. Pada saat Idul Adha masyarakat muslim akan mengarak hasil-hasil bumi dan juga tumpeng yang dimulai dengan doa. Tradisi Idul Adha ini diakhiri dengan warga yang akan memperebutkan berbagai hasil bumi dan isi-isi lainnya yang ada pada Apitan. 

Meugang, Aceh

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Istimewa

Meugang merupakan tradisi masyarakat Aceh untuk memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat, dan yatim piatu. Tradisi sejak zaman kerajaan pimpinan Sultan Iskandar Muda ini dilakukan dua hari sebelum Hari Raya. Meugang dilakukan sebagai rasa syukur selama 11 bulan mencari nafkah.

Toron, Madura

Tradisi Unik Nusantara di Hari Raya Idul Adha
Sumber: Kompas

Terakhir, ada tradisi Toron atau mudik yang dilakukan oleh warga Madura. Berbeda dengan masyarakat Indonesia kebanyakan, orang Madura akan mudik pada saat Idul Adha dan bukan Idul Fitri. Saat Toron, orang Madura juga akan bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga saat Idul Adha layaknya saat Idul Fitri.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait