Violis di Inggris Memainkan Biola Saat Jalani Operasi Otak | Cek&Ricek
Sumber: Istimewa

Violis di Inggris Memainkan Biola Saat Jalani Operasi Otak

Ceknricek.com -- Seorang pasien di rumah sakit Inggris bermain biola saat menjalani operasi pengangkatan tumor otak agar ahli bedah dapat mempertahankan kemampuannya untuk bermain musik dan rasa cinta pada biola selama 40 tahun.

Dagmar Turner (53), mantan konsultan manajemen dari Isle of Wight, memainkan biolanya selama operasi untuk mengangkat tumor dari lobus frontal kanan otaknya --dekat dengan area yang mengontrol gerakan tangan kirinya.

Untuk mencegah ada dampak pada kemampuan biolanya, Profesor Keyoumars Ashkan, Konsultan Ahli Bedah Saraf di Rumah Sakit King's College, membuat rencana dengan memetakan otak, membuka tengkorak dan kemudian membuat pasien bermain biola ketika tumor diangkat.

Ketika ahli bedah mengoperasi otaknya, Turner memainkan musik Gustav Mahler, "Summertime" dari George Gershwin dan karya-karya Julio Iglesias, seperti dilansir Reuters.

"Ini adalah pertama kalinya aku punya pasien yang bermain alat musik," kata Prof Keyoumars Ashkan.

Baca juga: Berkat Operasi Plastik, Hong Soo Ah Mengaku Kariernya Melejit

"Kami berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor... sambil mempertahankan fungsi penuh pada tangan kirinya secara utuh,” lanjutnya.

Turner,  yang merupakan anggota Isle of Wight Symphony Orchestra dan kelompok paduan suara lainnya, meninggalkan rumah sakit tiga hari setelah menjalani operasi.

Ia berharap dapat secepatnya kembali bergabung dengan kelompok orkestranya sebelum akhirnya ia mengucapkan terima kasih kepada para dokter bedah.

"Biola adalah sesuatu yang saya sukai; Saya sudah bermain sejak berusia 10 tahun," katanya. "Memikirkan akan kehilangan kemampuan untuk bermain sangat memilukan."

Ia menambahkan, “Prof Ashkan dan timnya di Rumah Sakit King’s College melakukan upaya yang luar biasa dalam merencanakan operasi ini, mulai dari memetakan otak saya hingga merencanakan posisi yang dibutuhkan agar saya tetap dapat bermain biola.”

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait