Wapres JK Tinjau Museum Rasulullah Ikon Baru Wisata Religius | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto : Dewan Mesjid Indonesia

Wapres JK Tinjau Museum Rasulullah Ikon Baru Wisata Religius

Ceknricek.com -- Wakil Presiden RI yang juga Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Muhammad Jusuf Kalla, mengunjungi lokasi pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam, di Cimanggis Depok, Jawa Barat, Selasa (15/10).

Wakil Presiden didampingi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang juga Wakil Ketua Umum DMI Drs. Syafruddin, M.Si., Menlu Retno Marsudi, Menristekdikti Mohamad Nasir, Menkominfo Rudiantara, dan Wali Kota Depok Mohammad Idris. Ikut serta dalam kunjungan tersebut pada Duta Besar negara-negara sahabat. 

Wapres JK Tinjau Museum Rasulullah Ikon Baru Wisata Religius
Foto: Dewan Mesjid Indonesia

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan, UIII akan menjadi rujukan wasathiyyat Islam dunia, menjadi pusat peradaban dunia. "Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia sudah selayaknya mempunyai perguruan tinggi Islam internasional yang mengajarkan nilai-nilai Islam yang moderat," katanya. 

Baca Juga: Jelang Purna Tugas, Wapres Terima Gaji Pensiun Taspen Rp21 Juta

Wapres juga menjelaskan titik lokasi rencana pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi yang berada bersebelahan dengan kampus UIII. 

Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam di Indonesia diketuai oleh MenPAN-RB /Waketum DMI Drs. Syafruddin, M.Si., akan jadi ikon baru bahkan tujuan wisata religius yang nantinya banyak diminati wisatawan. Selain berfungsi wisata, museum Rasulullah sarat dengan wahana dan informasi edukatif yang dapat menjadi obyek penelitian bagi mereka yang berminat kepada studi studi agama khususnya Islam. 

Wapres JK Tinjau Museum Rasulullah Ikon Baru Wisata Religius
Foto: Dewan Mesjid Indonesia

Museum Rasulullah di Indonesia ini, akan menjadi yang terbesar dan pertama diluar Saudi Arabia, hasil kerja sama DMI dengan Liga Dunia Islam dan Yayasan Wakaf As-Salam Makkah Al-Mukarromah. Indonesia dipilih sebagai negara pertama dari 25 negara yang mengajukan pendirian museum tersebut.

Museum akan dilengkapi dengan teknologi modern 3D, hologram dan lain sebagainya, dengan berbagai konten materi tentang Nabi Muhammad SAW yang sangat lengkap, silsilah Nabi, peranan sahabat, nilai-nilai keIslaman yang sangat kuat, ribuan hadis akan ditampilkan dengan layar sentuh yang sangat canggih, juga akan dibangun miniatur masjidil harom dan nabawi sebagai pusat rujukan pelatihan manasik nasional bagi calon jemaah haji dan umrah.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait