Wapres Pimpin Rapat Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas | Cek&Ricek
Foto: Antara

Wapres Pimpin Rapat Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas

Ceknricek.com -- Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat terbatas di Kantor Wapres Jakarta, Kamis (16/1). Agenda pembahasan terkait pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia untuk meningkatkan daya tarik dan ekonomi kreatif.

Kelima destinasi wisata super prioritas tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo dan area Borobudur-Prambanan-Ratu Boko. Lima destinasi super prioritas itu, merupakan bagian dari program 10 Bali Baru, yang diharapkan dapat mendongkrak popularitas daerah-daerah wisata selain Pulau Bali.

Wapres Pimpin Rapat Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas
Mandalika, Sumber: Liputan6

Rapat dihadiri antara lain Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Komunikasi Johnny G. Plate, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Pada kesempatan itu, Wapres Ma’ruf Amin meminta langkah-langkah pengembangan destinasi wisata tersebut memperhatikan aspek ekonomi rakyat dengan melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wisata tersebut.

Wapres Pimpin Rapat Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas
Labuan Bajo, Sumber: Labuanbajotour

Baca Juga: Labuan Bajo Diproyeksi Jadi Tuan Rumah KTT APEC 2023

“Perlunya meningkatkan sumber daya dan masyarakat sekitar daerah pariwisata dalam memberikan pendampingan dan pembinaan dalam menyediakan fasilitas, akomodasi dan kuliner,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Dengan melibatkan masyarakat setempat, Wapres berharap usaha mikro, kecil dan menengah dapat turut mengembangkan desa wisata di daerah wisata super prioritas.

Wapres Pimpin Rapat Pengembangan Lima Destinasi Super Prioritas
Danau Toba, Sumber: Sindonews

“Menjadi penting juga peran serta UMKM dalam menggerakkan potensi desa wisata. Itu perlu didukung dalam pendampingan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan,” jelasnya.

Wapres juga meminta pengembangan daerah wisata super prioritas tersebut memperhatikan aspek lingkungan hidup dan ekosistem setempat.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS KEPALA DAERAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait