Foto: independent.co.uk

3 Alasan Berenang Tak Boleh Pakai Softlense

Ceknricek.com -- Softlense atau lensa kontak merupakan produk yang dimanfaatkan sebagai pengganti kacamata. Memang alat ini sangat praktis untuk digunakan, sehingga tidak sedikit mereka yang menggunakan kacamata beralih memilih softlense.

Namun, tahukah Anda, memakai softlense saat berenang tidak baik untuk mata? Karena dapat berisiko iritasi. Di bawah ini penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Terkena bakteri dan patogen

Alasan pertama kenapa berenang tidak boleh memakai softlense adalah karena bakteri dan patogen tidak bisa dengan mudahnya dibunuh oleh zat kaporit. Tak hanya itu saja, air yang mengenai mata akan membuat softlense jadi terasa lebih keras yang menyakitkan. 

Dapat terkena penyakit keratitis

Bakteri yang hidupnya di air laut, danau hingga air keran bernama Acanthamoeba. Penyakit keratitis disebabkan oleh bakteri Acanthamoeba, yang dapat menginfeksi kornea mata saat hinggap di softlense. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kebutaan dan hanya bisa ditangani dengan operasi penggantian kornea mata.

Pakai kaca mata renang

Bila memang Anda terpaksa harus mengenakan softlense, pakailah kaca mata renang karena akan meminimalkan air yang akan mengenai mata Anda secara langsung. Disarankan untuk memilih kaca mata renang yang pas dan nyaman.



Berita Terkait