Foto ilustrasi cacar monyet: beritacenter.com

3 Cara Sederhana Mencegah Penyakit Cacar Monyet 

Ceknricek.com -- Monkeypox atau cacar monyet termasuk salah satu penyakit langka yang terdeteksi hadir di Singapura. Dilansir dari berbagai sumber, awal kehadiran cacar monyet di Negeri Singa itu karena seorang pelancong asal Afrika. 

Pria tersebut kini sedang berada di ruang isolasi, tepatnya di Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura. Ketika virus monkeypox menyerang manusia, gejalanya antara lain ruam di sekujur tubuh dan akan berubah menjadi bintil berisi cairan atau nanah. 

Di Afrika sendiri penyakit ini berkembang dan malah sempat menyebar ke negara seperti Amerika Serikat dan Inggris. Kemungkinan orang yang berinteraksi dengan penderita dapat tertular. 

Penyakit yang disebabkan oleh orthopoxvirus tersebut bisa ditularkan melalui kontak dekat dengan sekresi saluran pernapasan, luka pada kulit, atau objek yang telah terkontaminasi cairan tubuh penderita.

Untuk mencegah monkeypox, berikut 3 mudah yang bisa dilakukan supaya terhindar dari penyakit itu.

Melakukan vaksinasi

WHO menyatakan, vaksin untuk cacar bisa dipercaya juga dapat mengurangi risiko terkena cacar monyet walaupun tidak 100 persen. Hingga saat ini belum ada vaksin khusus untuk penyakit langka tersebut. 

Rajin membersihkan tangan

Pola hidup bersih seperti rajin membersihkan tangan adalah salah satu cara untuk terhindari dari cacar monyet. Meski di Indonesia penyakit ini belum ada, namun baiknya Anda mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama setelah beraktivitas di luar rumah. Selalu membawa hand sanitizer atau gel pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol pembunuh kuman.

Jangan konsumsi daging mentah

Sangat penting untuk tidak mengonsumsi daging mentah atau daging yang tidak dimasak dengan matang. Daging dan darah hewan liar yang telah terjangkit orthopoxvirus dapat menularkan penyakit langka tersebut.



Berita Terkait