3 Instruksi Presiden Tanggulangi Banjir di Jakarta dan Jawa Barat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Merdeka

3 Instruksi Presiden Tanggulangi Banjir di Jakarta dan Jawa Barat

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak untuk menomor satukan keselamatan warga dalam bencana banjir di Jakarta dan Jawa Barat. Penegasan itu disampaikan kepala negara menjawab wartawan setelah menerima Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, di Istana Gedung Agung, Yogyakarta, Rabu (1/1) siang.

Setidaknya ada tiga instruksi yang ia sampaikan. “BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), pemerintah provinsi, Basarnas, semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir. Itu yang pertama,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip setkab.go.

Kedua, menurut Presiden, yang berkaitan dengan normalisasi untuk fasilitas-fasilitas umum, karena banjir sudah masuk, di Jakarta sudah masuk ke (Bandara) Halim (Perdanakusuma), beberapa sudah masuk ke Tol Cikampek, kemudian juga di beberapa objek vital, ini harus segera dinormalisasi sehingga fungsi-fungsi itu kembali menjadi normal.

Sumber: Istimewa

Ketiga, yang paling penting, Presiden Jokowi menegaskan, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, harus bekerja bersama-sama dalam menanggulangi ini, terutama yang berkaitan dengan urusan-urusan banjir.

Baca Juga: Hari Pertama Tahun 2020, Jabodetabek Diperkirakan Kembali Diguyur Hujan

“Karena pemerintah pusat memang ini baru dalam proses dan belum selesai, misalnya Waduk Cimahi (dan) Waduk Ciawi mungkin baru tahun depan selesai tetapi di luar itu semuanya harus dikerjakan. Saya tadi sudah memerintahkan Menteri PU untuk cek lapangan,” ujar Presiden.

Sumber: Istimewa

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dalam menghadapi datangnya musim hujan yang berpotensi banjir di sejumlah daerah.

Sebagaimana diketahui akibat hujan yang terus turun sejak Rabu (1/1) dini hari hingga pagi ini, sejumlah wilayah di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang digenangi banjir. Bahkan Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, tidak beroperasi karena landasannya tergenang banjir.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait