Foto: multiplenewstoday.com

4 Makanan Mengandung Lemak Baik

Ceknricek.com -- Lemak sering identik dengan masalah kegemukan. Faktanya tubuh kita tetap membutuhkan lemak. Pakar gizi mencatat setidaknya ada tujuh fungsi lemak pada tubuh, seperti membentuk sel hingga merawat kesehatan kulit. Hal ini menjadi bukti bahwa tidak semua jenis lemak dapat merugikan tubuh.

Karena tubuh tidak mampu memproduksi lemak, salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Cara ini dilakukan untuk memperoleh asupan lemak yang baik. Usahakan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh yang berasal dari lemak nabati atau hewani yang terkandung dalam jenis makanan.

Lantas makanan apa saja yang mengandung lemak dan bagus untuk dikonsumsi? Berikut empat makanan mengandung lemak baik yang dapat Anda konsumsi.

Alpukat

Alpukat merupakan buah lezat untuk campuran salad, saus, dan jus yang mempunyai beraneka manfaat. Lemak tak jenuh tunggal yang dikandungnya berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga kerap digunakan dalam produk perawatan kulit. Antioksidannya juga mampu menghambat penuaan.

Ikan Laut

Asam lemak Omega 3 (EPA dan DHA) yang terkandung di dalamnya berperan dalam pertumbuhan otak. Karena sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, asam lemak Omega 3 dipercaya mampu membantu perkembangan sel otak. Bila waktu kecil Anda sering disuruh minum minyak ikan, minyak laut memang bermanfaat bagi daya ingat Anda.

Baca Juga: Tips Mengatasi Lemak Perut yang Membandel

Kacang-kacangan

Almon, kedelai, pistachio, mede, walnut, pecan, dan macadamia termasuk jenis kacang-kacangan. Anda dapat menggunakan kacang tersebut sebagai taburan buah potong atau campuran salad. Tak ada yang bisa menandingi kacang-kacangan sebagai camilan pun. Masing-masing jenis memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh, mulai dari memelihara sistem saraf hingga menjaga kadar gula darah.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak nabati yang mengandung tujuh vitamin dan sembilan zat yang berguna bagi kesehatan. Minyak zaitun juga bermanfaat bagi kecantikan, seperti mampu mengembalikan kelembapan bibir, rambut, dan kulit.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait