5 Cara Hilangkan Rasa Kantuk Waktu Menyetir Saat Berlibur | Cek&Ricek
Foto: car1.ca

5 Cara Hilangkan Rasa Kantuk Waktu Menyetir Saat Berlibur

Ceknricek.com -- Buat Anda yang ingin berlibur dengan menempuh perjalanan darat jarak jauh, banyak hal yang bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Salah satunya adalah munculnya rasa kantuk saat berkendara. 

Masalah ini tak bisa dianggap sepele karena bisa memperbesar risiko kecelakaan. Para pengemudi kendaraan bermotor sebaiknya mengetahui cara-cara khusus untuk mengatasi kantuk di tengah perjalanan. Berikut rangkumannya. 

Membuka Kaca Jendela Sedikit

Cara satu ini patut dicoba pengemudi mobil yang mudah mengantuk saat berkendara. Jika mata mulai terasa berat, disarankan segera menonaktifkan pendingin udara dan membuka kaca jendela. Mulailah menghirup udara segar dari luar.

Rasa kantuk diketahui dapat muncul akibat proses pertukaran udara yang berlangsung tidak lancar. Oleh sebab itu, bukalah kaca jendela mobil agar sirkulasi udara di dalam kendaraan menjadi lebih baik. Pengemudi mobil juga akan mudah mengantuk ketika kondisi dalam kabin yang terlalu dingin. Jadi, baiknya atur suhu pendingin udara kendaraan secara pas. 

Atur Durasi Berkendara

Aktivitas mengemudi tentu memakan energi dan stamina. Jangan memaksakan diri untuk terus berkendara bila kondisi fisik sudah tak lagi memungkinkan. Agar terhindar dari risiko kecelakaan, disarankan membatasi waktu berkendara hingga 2,5 jam. 

Jadi, traveler yang menempuh perjalanan selama enam jam baiknya mengambil waktu istirahat sebanyak dua kali. Selalu utamakan keselamatan diri ketimbang durasi perjalanan menuju tempat tujuan. Saat mengambil waktu istirahat, dianjurkan mencoba beberapa gerakan ringan agar tubuh kembali terasa segar.

Siapkan Air Mineral dan Makanan 

Bekal air minum dan makanan tak hanya berfungsi untuk melepas dahaga dan rasa lapar para pengemudi selama perjalanan berlangsung. Anda juga dapat menggunakannya ketika rasa kantuk mulai menyerang. Jika mata mulai terasa berat, berhentilah sebentar dan segera basuh muka dengan air yang dibawa. Cara ini diharapkan dapat membuat pengendara terbebas dari rasa kantuk dan lelah. Dengan begitu, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan dengan mata dan pikiran lebih segar.

Baca Juga: 4 Makanan Penurun Gula Darah 

Gunakan Obat Tetes Mata

Ketika mengemudi, mata pengendara kerap menjadi kering dan terasa lelah. Kondisi ini tentu dapat menganggu fokus dan konsentrasi pengendara hingga akhirnya berakibat pada kecelakaan. Untuk itu, kondisi mata yang kering dan lelah perlu diantisipasi dengan cara khusus.

Salah satu caranya adalah menggunakan obat tetes mata sesuai resep yang diberikan dokter. Melalui cara ini, mata Anda akan kembali terasa nyaman dalam waktu sebentar. Anda pun bisa berkendara menuju tempat wisata dengan pandangan lebih awas.

Berhenti Sejenak Bila Mata Terasa Berat

Pengendara biasanya akan mudah mengantuk pada waktu malam hari, terlebih jika sebelumnya melakukan aktivitas berat. Jangan ragu untuk memberhentikan mobil di rest area bila mata sudah terasa berat. Beristirahatlah sejenak agar badan dan mata kembali segar.

Carilah lokasi berhenti yang benar-benar aman. Setelah itu, ambillah waktu istirahat selama 20 menit. Biasakan untuk tidak langsung menyetir ketika terbangun. Tunggulah 15 menit sebelum berkendara agar tubuh dan pikiran benar-benar siap. Jika sudah, Anda bisa kembali melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait