Foto: Ashar/Ceknricek.com

5 Kandidat Resmi Mendaftarkan Diri Calon Ketua Umum Golkar

Ceknricek.com -- Setidaknya lima kandidat calon ketua umum (caketum) dipastikan bertarung dalam Musyawarah Nasional Partai Golkar, di Jakarta, Rabu (4/12) hingga Jumat (6/12) mendatang.

Mereka adalah Ketum petahana Airlangga Hartarto, Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet), Ketua Korbid Pemenangan Wilayah Sumatera Partai Golkar Indra Bambang Utoyo, politisi Partai Golkar dari Dapil Jawa Barat X Agun Gunandjar Sudarsa, serta Ketua DPP Partai Golkar Ridwan Hisjam.

Kepastian pertarungan mereka menyeruak setelah 4 kandidat mengembalikan formulir pendaftaran caketum kepada Panitia Munas Partai Golkar, di DPP Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta Barat, sepanjang Senin (2/12).

Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengembalikan formulir pendaftaran caketum sekitar pukul 16.00 WIB. Ia didampingi para loyalisnya antara lain, Dedi Mulyadi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Koordinator Bidang Perekonomian Golkar Aziz Syamsuddin, Politisi Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua DPD Golkar Sumatera Utara Ahmad Doli Kurnia, Senior Kahar Muzakkar, Ketua DPP yang juga Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin dan Ace Hasan Syadzily, serta sejumlah politikus Golkar lainnya.  

5 Kandidat Resmi Mendaftarkan Diri Calon Ketua Umum Golkar
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Airlangga Hartarto Serahkan Berkas Pendaftaran Caketum Partai Golkar

Airlangga mengatakan, dokumen yang diserahkan ke panitia Munas sudah lengkap dan asli. Menurut dia, pengembalian formulir tersebut adalah proses awal. "Ini merupakan awal penjaringan, proses selanjutnya bisa diikuti, ini menunjukkan Partai Golkar demokratis," katanya.

Seluruh dokumen diterima Ketua Komite Pemilihan, Maman Abdurahman. "Saat ini saya menempatkan ketum sebagai bakal calon ketua umum. Semoga pendaftaran ini lancar," sambut Maman. 

Bamsoet

Beberapa saat sebelumnya, Bamsoet juga mendatangi Panitia Munas Partai Golkar, untuk menyerahkan seluruh persyaratan menjadi caketum Partai Golkar 2019-2024. Ia mengatakan banyak rintangan yang dihadapinya hingga dirinya resmi mendaftar sebagai caketum Golkar. Namun, halangan itu tak mengurungkan niatnya untuk maju jadi caketum Golkar.

Halangan yang dimaksud Bamsoet tampaknya berkaitan dengan komitmen yang sebelumnya telah disepakati dengan Airlangga Hartarto.

Sekadar mengingatkan, September lalu, Airlangga dan Bamsoet sempat menyatakan islah dengan dua komitmen yang mereka sepakati bersama. Saat itu, Bamsoet menyebut dirinya mendukung Airlangga maju di Munas Golkar. Sebaliknya, Airlangga mendorong Bamsoet menjadi ketua MPR. 

5 Kandidat Resmi Mendaftarkan Diri Calon Ketua Umum Golkar
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Golkar Harus Mengakhiri Kepemimpinan Intimidatif

Airlangga dan Bamsoet memang disebut-sebut sosok paling terdepan dalam bursa calon ketum Partai Golkar. Persaingan antara keduanya belakangan memanas lagi setelah para loyalis Bamsoet menyatakan bahwa Bamsoet akan tetap maju calon ketum Partai Golkar periode 2019-2024.

Bamsoet dan Airlangga akhirnya pecah kongsi. Kubu Airlangga menuding Bamsoet melanggar kesepakatan. Sebaliknya, Kubu Bamsoet menuding Airlangga melakukan tindakan sewenang-wenang melakukan penggusuran sejumlah posisi dan pemecatan tenaga ahli Fraksi Partai Golkar yang menjadi pendukung Bamsoet. 

Indra Bambang Utoyo dan Agun Gunanjar

Kini persaingan tampak makin terbuka. Selain Bamsoet dan Airlangga, pada hari yang sama, dua kandidat lain --Indra Bambang Utoyo dan Agun Gunanjar Sudarsa-- juga mengembalikan formulir pendaftaran caketum Golkar.

5 Kandidat Resmi Mendaftarkan Diri Calon Ketua Umum Golkar
Sumber: Detik

Indra Bambang Utoyo datang sekitar pukul 13.15 WIB. "Persyaratan sudah saya penuhi semua," kata Indra.

Setelah Indra, Agun datang sekitar pukul 14.25 WIB. Ia mengaku maju sebagai caketum karena merasa memiliki pengalaman untuk ide regenerasi Golkar.