5 Manfaat Membaca Buku yang Jarang Diketahui oleh Orang Lain | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

5 Manfaat Membaca Buku yang Jarang Diketahui oleh Orang Lain

Ceknricek.com -- Kegiatan membaca merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kebanyakan orang terutama bagi seseorang yang hobi dalam membaca buku.

Dengan membaca buku kita dapat mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak kita ketahui. Selain menambah wawasan dan ilmu baru, kita juga dapat melihat dunia yang lebih luas melalui buku sebagaimana pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia.

Sebenarnya masih banyak manfaat dari membaca buku yang tidak diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi banyak dari kita yang tidak menyadari manfaat tersebut. Berikut adalah 5 manfaat dari membaca buku yang tidak diketahui oleh banyak orang.

1. Menjadi rendah hati

Ketika kita membaca banyak buku kita akan mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah kita ketahui. Ketika kita mendapatkan ilmu tersebut kita akan merasakan bahwa ilmu yang selama ini kita miliki masih belum seberapa. Dengan menyadari hal tersebut kita akan menjadi lebih giat lagi dalam membaca buku demi mendapatkan ilmu baru dan kita juga tidak akan pernah merasa sombong kepada orang lain terkait ilmu yang kita miliki.

2. Menjadi lebih produktif

Dengan membaca buku kita dapat mengisi waktu kosong kita dengan hal-hal yang penuh manfaat. Selain mendapatkan manfaat berupa ilmu baru, kita juga dapat menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang biasa terjadi ketika sedang berada dalam waktu luang.

3. Menjadi lebih bersyukur

Ketika kita membaca buku, kita akan merasa bersyukur bahwa tidak semua orang memiliki nasib yang sama seperti kita. Tidak semua orang memiliki akses terhadap pendidikan seperti kita, bahkan untuk membaca bukupun masih mengalami kesulitan. Setelah muncul rasa syukur tersebut kita akan menjadi lebih peduli terhadap orang-orang disekitar kita sehingga kita akan berusaha untuk membagikan ilmu yang telah kita miliki kepada orang lain.

4. Munculnya ketenangan dalam diri

Ketika kita sedang membaca buku dan mulai serius memahami isi dari buku tersebut, pikiran kita seolah-olah masuk ke dalam dunia yang ada di dalam buku tersebut. Ketika kita sudah berada dalam suasana seperti itu, kita tidak akan menghiraukan keadaan disekitar kita. Hal itulah yang menyebabkan munculnya ketenangan dalam hati.

5. Mendatangkan kemuliaan

Ketika kita sudah mendapatkan banyak ilmu dari buku yang kita baca, kita akan menyadari bahwa ilmu adalah hal yang sangat mulia. Dengan ilmu kita dapat mengangkat martabat kita sebagai manusia. Kita juga dapat menyebarkan manfaat kepada orang lain dengan ilmu yang kita miliki. Seperti halnya pepatah mengatakan bahwa buku dapat mengubah hidupmu dan membuat hidpumu menjadi lebih baik.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait