Foto: netdoctor.co.uk

6 Cara Atasi Sakit Pinggang Saat Puasa

Ceknricek.com -- Sakit pinggang di bulan puasa merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan karena kurangnya asupan cairan. Tak hanya karena kurangnya cairan, jarang bergerak juga dapat menyebabkan Anda mudah mengalami sakit pinggang.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang di bulan puasa seperti dilansir halodoc.com.

Minum air putih

Usahakan Anda meminum air putih minimal dua liter dalam sehari. Anda bisa menghitungnya dengan satu gelas pada saat jam berbuka puasa. Kemudian satu gelas setelah ibadah salat magrib atau sebelum salat tarawih. Dan empat gelas lainnya, Anda bisa sesuaikan waktunya setelah salat tarawih sampai malam hari dan dua gelas saat jam sahur.

Kompres bagian pinggang

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit pinggang adalah kompres area pinggang dengan menggunakan air dingin dan panas. Kompres bagian pinggang yang sakit dengan kompres dingin selama 1–2 hari untuk meredakan rasa nyeri. Setelah lewat dua hari, Anda bisa beralih ke kompres panas, kemudian oleskan balsam bila Anda suka.

Berendam air hangat

Tak ada masalah untuk berendam dengan menggunakan air hangat saat berpuasa. Cara ini ampuh untuk meredakan sakit pinggang. Saat berendam dengan air hangat, saraf dan otot yang tegang akan mengendur sehingga membuatnya menjadi lebih rileks dan sirkulasi darah pun menjadi lancar.

Jangan menahan buang air kecil

Kebiasaan yang sering dilakukan selanjutnya adalah terbiasa menahan keinginan untuk buang air kecil. Lebih baik, bila terasa ingin ke kamar mandi segera lakukan.

Batasi aktivitas fisik

Kegiatan fisik yang bisa memperparah sakit pinggang di antaranya membungkuk, mengangkat beban berat, atau berolahraga terlalu berlebihan. Batasi aktivitas fisik Anda agar terhindar dari sakit pinggang.

Istirahat yang cukup

Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga saat puasa beristirahatlah yang cukup serta konsumsi makanan yang bergizi.



Berita Terkait