6 Minuman Tradisional Penghangat Tubuh di Musim Hujan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

6 Minuman Tradisional Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Ceknricek.com -- Saat musim hujan, tubuh perlu dihangatkan. Selain pakaian hangat, dan mengonsumsi makanan berkuah, Anda bisa menghangatkan tubuh dengan menyeruput berbagai jenis minuman. Teh atau kopi biasanya yang orang bikin ketika udara dingin.

Selain teh dan kopi, ada jenis minuman lainnya yang cocok Anda seduh saat musim hujan. Mau tahu apa saja minuman penghangat di musim hujan?

Wedang Jahe

Sumber: fimela.com

Minuman tradisional satu ini bisa jadi pilihan Anda saat hujan turun. Hidangan sari jahe tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur ini dapat membuat tubuh terasa hangat. Tak menghangatkan tubuh, wedang jahe juga memiliki beragam khasiat untuk tubuh. 

Bajigur

Sumber: solopos.com

Minuman khas dari Sunda ini terbuat dari gula aren, santan dengan tambahan jahe, garam, dan bubuk vanili. Bajigur biasanya dinikmati bersama dengan camilan, seperti ubi, pisang dan kacang rebus. Bajigur kini juga dibuat dalam bentuk instan berupa bubuk yang tinggal diseduh air panas, agar bisa dinikmati secara praktis dimanapun.

Baca Juga: Menikmati Kesegaran Hidangan Apel di Washington Apple Week

Wedang Ronde

Sumber: id.tastemade.com

Wedang ronde adalah minuman khas orang Jawa yang pas banget dikonsumsi saat musim hujan tiba. Minuman dengan bahan dasar jahe ini memiliki banyak isian seperti ronde, kacang goreng, kolang kaling, dan juga roti. Ronde terbuat dari tepung ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Ukurannya bisa kecil atau besar, diberi isi maupun tidak. 

Bandrek

Sumber: resepkoki.id

Minuman khas dari Sunda ini juga jadi pilihan yang pas saat musim hujan. Bahan dasar bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Sebagian orang biasanya akan menambahkan susu atau telur ayam agar lebih nikmat. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrek dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan sebagainya. 

STMJ

Sumber: merdeka.com

STMJ adalah singkatan dari susu, telur, madu dan jahe. Kandungan jahe di dalamnya akan membuat tubuh jadi hangat saat hujan tiba. Selain itu, kandungan susu dalam STMJ juga bisa mengenyangkan perut yang keroncongan. 

Angsle

Sumber: liputan6.com

Minuman khas Malang, Jawa Timur ini menyerupai seperti kolak. Dengan bahan dasar jahe, angsle memiliki beragam isian yang nikmat, seperti ketan, kacang hijau, putu mayang, roti, mutiara, dan pacar cina. Dulu, penjual angsle tradisional berkeliling kampung hanya pada malam hari, karena angsle yang hangat pas disajikan saat malam hari atau saat hujan. Namun, sekarang banyak penjualan angsle yang berjualan tidak hanya malam hari saja, bahkan sekarang angsle dapat disajikan dengan es batu. 

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait