Foto: consciousmagazine.co

9 Manfaat Olahraga Pilates Bagi Tubuh

Ceknricek.com -- Pilates termasuk olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak wanita yang memilih latihan pilates untuk mendapatkan tubuh kencang dan ideal.

Olahraga ini lebih mengandalkan pernafasan dan gerakan dasar yang fokus pada pengencangan dan pembentukan tubuh. Selain itu, latihan ini dapat dilakukan bersama-sama sehingga dapat mengurangi kebosanan saat berlatih.

Pilates merupakan latihan yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda Jadi latihan pilates bisa menjadi latihan alternatif yang baik bagi Anda.

Bila Anda rutin melakukan olahraga ini maka akan terasa manfaatnya. Apa saja? Simak rangkumannya. 

Meningkatkan Keseimbangan 

Latihan pilates berfokus pada kekuatan otot perut. Otot perut yang kuat dapat meningkatkan keseimbangan tubuh secara dan menyeluruh. Banyak atlet yang melakukan latihan pilates untuk menunjang kebugaran mereka saat bertanding. 

Meningkatkan Energi 

Latihan pilates memungkinkan suplai oksigen dalam tubuh meningkat. Meningkatnya suplai oksigen dalam tubuh dapat meningkatkan energi dalam tubuh secara signifikan. 

Meningkatkan Kekuatan 

Sekalipun latihan pilates bukan latihan yang efektif untuk meningkatkan massa otot, namun latihan ini adalah latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan tubuh keseluruhan.

Meningkatkan Kekuatan Otot Perut 

Otot perut adalah salah satu bagian otot yang terlatih dengan baik saat melakukan latihan pilates, termasuk otot bagian tengah tubuh yang lain seperti punggung dan dasar panggul. Meningkatnya kekuatan otot bagian tengah tubuh dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan dan juga memperbaiki postur tubuh. 

Baca Juga: Olahraga Pilates Cegah Banyak Penyakit

Meningkatkan Fleksibilitas 

Seiring gerakan pada latihan pilates, otot-otot tubuh akan meregang. Begitu pula dengan persendian Anda. Gerakan peregangan inilah yang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. 

Memperbaiki Postur Tubuh 

Postur tubuh yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan, mulai dari nyeri bahu hingga punggung. Menjaga agar garis tulang belakang lurus sesuai anatominya merupakan dasar dari latihan pilates. Latihan ini juga bertujuan menjaga lengkungan alami tulang belakang. 

Membantu Menurunkan Berat Badan 

Sekalipun tidak membakar kalori sebanyak Anda melakukan latihan kardio, namun latihan pilates dapat meningkatkan metabolisme Anda. Meningkatnya metabolisme merupakan awal dari proses pembakaran kalori untuk menurunkan berat badan Anda. 

Meningkatkan Kesadaran 

Melakukan olahraga seperti latihan pilates tidak hanya menguntungkan fisik tapi juga jiwa secara menyeluruh. Latihan mengolah napas dan konsentrasi dalam pilates sedikit mirip meditasi tetapi bukan hanya membersihkan pikiran, dalam pilates kita fokus pada tubuh dan gerakan. Hubungan ini akan meningkatkan pemahaman kita akan fungsi-fungsi tubuh dan keseimbangan jiwa raga. 

Pilates Mudah Dipelajari 

Ada beberapa gerakan pilates yang sangat mudah dilakukan dan baik bagi Anda para pemula. Seperti gerakan awal toning dan stretching. Bahkan, latihan pilates akan lebih mudah bagi Anda yang pernah mempelajari gerakan yoga. Untuk menurunkan berat badan lebih cepat, Anda bisa mengombinasikan latihan pilates dengan latihan kardio kesukaan Anda. Selain itu, imbangi latihan Anda dengan diet sehat dan istirahat yang cukup.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal


Berita Terkait