Foto: Thenewyorktimes

9 Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong

Ceknricek.com -- Aksi demonstrasi di Hong Kong, hingga Selasa (13/8), belum juga surut. Unjuk rasa yang merebak hampir tujuh bulan lalu itu, ditujukan untuk menolak rancangan undang-undang ekstradisi yang terus meluas.

Risiko keamanan membuat beberapa negara melakukan peringatan bagi warganya yang ingin melakukan perjalanan menuju ke sana. Berikut 9 negara yang memperingati warganya "hati-hati" bepergian ke Hong Kong.

Australia

Pemerintah Australia memperingatkan warganya untuk 'berhati-hati' melakukan perjalanan ke Hong Kong. Langkah itu diambil setelah China mengatakan wilayah itu menghadapi krisis terburuk sejak dikembalikan dari Inggris pada 1997.

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: News.com

Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (Dfat) mengatakan: "Ada risiko konfrontasi dengan kekerasan antara pengunjuk rasa dan polisi, atau orang-orang yang terkait secara kriminal, terutama pada protes yang tidak sah".

Dilansir "South China Post Morning", pemerintah Australia juga menekankan, aksi demo ini menimbulkan banyak tragedi yang tidak terduga. Dengan memberi penghimbauan tinggi kepada masyarakat Negri Kanguru tersebut untuk tidak melakukan perjalanan ke Hong Kong, akan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Amerika Serikat

Merasa aksi protes Hong Kong tidak kunjung menemukan titiik terang, pemerintahan AS memberi himbauan tinggi pada warga sipil Amerika yang berniat melakukan perjalanan ke Hong Kong.

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: Istimewa

Baca Juga: Kilas Balik Aksi Massa di Hong Kong

Seperti yang disebut oleh Japan Today, pelarangan ini karena pemerintahan AS melihat aksi protes tersebut bersifat konfrontatif dan mengakibatkan kekerasan.

Departemen Luar Negeri AS memberi peringatan dari "Tindakan Pencegahan tahap Normal", menjadi "Tindakan Pencegahan Meningkat".

Korea Selatan

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: Indosport

Kantor pusat pemerintahan Korea Selatan mengingatkan para warga sipil Negeri Gingseng tersebut bahwa mereka bisa saja memperpanas suasana jika mereka berani mendokumentasikan demonstrasi.

Selain itu berdasarkan lansiran The Standart, warga Korea Selatan bisa saja disalah sangkakan menjadi bagian dari demonstrans jika menggunakan pakaian dan masker berwarna hitam.

Inggris

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: Istimewa

Pada situs nasihat perjalanan ke luar negeri Inggris, Gov.UK menyarankan untuk berhati-hati pada wilayah di Hong Kong.

Potensi tingkat keamanan yang rendah membuat pemerintahan Inggris menyarankan warga sipil untuk mencari tempat yang lebih aman.

Pemerintah Inggris juga memberikan kontak kedutaan Inggris terdekat untuk memberikan bantuan darurat.

Kanada

Tidak jauh berbeda dengan himbauan yang diberikan Australia, Kanada juga menghimbau untuk menghindari perjalanan ke Hong Kong karena terdapat peringatan untuk berhati-hati tingkat tinggi.

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: The Flag Store

Baca Juga: Konsulat Jenderal RI Hong Kong Minta WNI Jauhi Lokasi Unjuk Rasa

Berdasarkan lansiran CBC.ca, pemerintahan Kanada menyarankan untuk warga negara ini untuk berhati-hati, memonitor media lokal, dan mengikuti instruksi dari pihak yang berwewenang.

Di Hong Kong sendiri terdapat kurang lebih 300 ribu warga Kanada yang tinggal di sana.

Singapura

Singapura juga menasihati para warga sipilnya melalui situs penasihat perjalanan pemerintah MFA.GOV.SG, mereka mengimbau untuk tetap waspada.

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: Motionaray

Warga Singapura yang sedang berada di Hong Kong diminta untuk melakukan pencegahan dalam berbagai bentuk, demi memastikan keselamatan diri.

Selain itu, mereka juga mengimbau untuk menjauhi kerumunan massa dan tidak ikut serta dalam pertemuan publik besar-besar, demi menghindari situasi yang memanas.

Jepang dan Irlandia

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: istimewa

Tidak jauh berbeda dengan enam negara lainnya, Jepang dan Irlandia juga mengimbau warganya untuk tetap berhati-hati jika berada di Hong Kong.

Serta memberi peringatan untuk yang ingin melakukan perjalanan menuju Hong Kong.

Indonesia

Negara Ini Peringatkan Warganya Jangan Bepergian ke Hong Kong
Sumber: Istimewa

Kementerian Luar Negeri RI mengimbau, Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan berpergian maupun Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Hongkong, memantau aplikasi SafeTravel dalam memandu situasi terkini Hongkong, menyusul pecahnya aksi demonstrasi yang menutup aktivitas Bandara, pada Senin (12/8).

Plt Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah mengatakan, dari aplikasi tersebut WNI dapat meningkatkan kehati-hatian dan memandu WNI selama berpergian dan beraktivitas di luar negeri.

"Kami (Kemlu RI) mengimbau WNI menggunakan safe travel aplikasi buatan Kemlu ya, WNI dapat meningkatkan kehati-hatian dan melihat kondisi-kondisi tertentu di sana (Hongkong)," ujar mantan Dubes RI untuk Kanada tersebut.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait