Advokat, Polri, Hingga Akademisi Berebut Kursi Capim KPK | Cek&Ricek
Foto: Ashar/ceknricek.com

Advokat, Polri, Hingga Akademisi Berebut Kursi Capim KPK

Ceknricek.com -- Sebanyak 127 orang sudah mendaftar sebagai calon pimpinan (capim) KPK hingga Selasa (2/7). Mereka terdiri atas berbagai latar belakang profesi.

Menurut Wakil Ketua Pansel capim KPK Indriyanto Senoadji di Jakarta, Rabu (3/7), dari 127 pendaftar, 29 orang yang berlatar belakang advokat. Ada juga 5 orang Polri, dan 6 yang berlatar belakang jaksa dan hakim.

Selain merekam 25 orang pendaftar berasal dari dosen, 15 orang dari korporasi, dan 3 orang auditor. "Latar belakang lainnya ada 44 orang," ujar Indriyanto.

Sejauh ini belum ada satu pun pihak internal KPK yang mendaftar. Pendaftaran capim KPK berakhir besok, Kamis (4/7). Indriyanto menyatakan belum ada rencana perpanjangan masa pendaftaran.

Pansel Capim. Sumber: Aktual

Setelah pendaftaran ditutup, pansel bakal melakukan sejumlah tahapan seleksi terhadap para capim KPK itu. Tahapan tersebut antara lain uji kompetensi dengan objective test, pembuatan makalah, hingga profile assessment sebelum nantinya bakal dilakukan juga uji kelayakan oleh DPR.

"Masih ada proses uji kompetensi dengan melakukan objective test, pembuatan makalah, dan ada proses profile assessment, dan seterusnya. Jadi kemungkinan waktunya masih sangat tergantung pada hasil proses-proses tersebut dan wawancara akhir dari calon," jelasnya.



Berita Terkait