Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung | Cek&Ricek
Foto: Doc. Anies Baswedan

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung

Ceknricek.com -- Warga Kepulauan Seribu Jakarta punya pasar baru. Bukan sembarang pasar, melainkah pasar grosir. Namanya, JakGrosir. Pasar grosir pertama yang berlokasi di Pulau Tidung Besar, Kepulauan Seribu itu diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Minggu (22/9).

JakGrosir ini dibangun oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya. Anies mengatakan, kehadiran JakGrosir ini untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu. Kini, warga di sana bisa mendapatkan barang kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah, setara dengan harga di Jakarta daratan.

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung
Foto: Doc. Anies Baswedan

"Ini yang kita dorong bersama, kalau di Ibu kota antara kawasan kepulauan dengan daratan bisa terjadi kesetaraan harga, dan bisa menjamin kebutuhan, khususnya kebutuhan pangan bagi masyarakat di kepulauan; maka kita mengirimkan pesan yang sangat kuat kepada seluruh Indonesia," ujar Anies.

Menurut Anies, selama ini masalah yang mereka hadapi adalah kebutuhan pokok harganya lebih mahal, karena biaya transpor cukup tinggi.

"Sekarang dengan hadirnya JakGrosir di sini, harapannya persoalan itu selesai. Ke depan kita akan membangun lebih banyak lagi JakGrosir sesuai dengan kebutuhan sebaran penduduk di Kepulauan Seribu. Kita berharap nantinya ekosistem perdagangan di sini tumbuh dengan sehat. Pak Bupati bersama dengan Dinas UMKM akan memastikan bahwa pertumbuhan perekonomian di sini berjalan lebih sehat dengan adanya JakGrosir ini," kata Anies.

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung
Foto: Doc. Anies Baswedan

Anies menambahkan, untuk target JakGrosir adalah para pedagang yang ada di pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Mereka bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing, sehingga harga ke konsumen tetap stabil. JakGrosir juga diperuntukan bagi para pemilik Kartu KJP, PHL, dan PPSU, kaum Disabilitas dan kaum Lansia. Mereka mendapat pelayanan harga bersubsidi.

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung
Foto: Doc. Anies Baswedan

Baca Juga: Anies Baswedan Resmikan Jakbook, Pasar Buku Pertama di Jakarta

Pembangunan JakGrosir sebagai pusat perkulakan di Kepulauan Seribu adalah salah satu program prioritas Pemprov DKI Jakarta. Dengan harga yang terjangkau dan adanya kepastian harga serta ketersediaan bahan pangan tersebut, masyarakat Jakarta di Kepulauan Seribu bisa lebih sejahtera.

"Selain itu, kehadiran Jakgrosir ini turut membuka lapangan kerja. Rekrutmen pegawai JakGrosir Pulau Tidung, kita utamakan dari warga pulau tersebut," ungkap Anies.

Tak Perlu Antre

Warga Kabupaten Kepulauan Seribu mengaku senang dengan hadirnya pusat perkulakan milik Perumda Pasar Jaya, JakGrosir. Ungkapan itu disampaikan Hariyani (48), warga RT 01/02, Kelurahan Pulau Tidung. Sebelum kehadiran JakGrosir, ia mengaku selalu mengantre di kelurahan untuk mendapatkan pangan murah. Kini dengan hadirnya JakGrosir, ia tak perlu mengantre lagi dan bisa kapan pun mendapatkan pangan murah.

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung
Foto: Doc. Anies Baswedan

"Kini, saya tidak perlu mengantre lagi, sebab saya bisa belanja lebih mudah dan harganya sama dengan harga di daratan Jakarta," ujar Hariyani.

Hal yang sama juga dirasakan Jaenudin (60), warga RT 03/03 Kelurahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan. Pemilik Kartu Pedagang Pasar Jaya (KPPJ) ini mengaku senang dengan keberadaan JakGrosir di Kepulauan Seribu. Terlebih, dengan JakGrosir ini dirinya bersama pedagang lainnya sesama anggota KPPJ dapat melakukan aktivitas perkulakan tanpa harus ke darat lagi.

Anies Baswedan Resmikan JakGrosir Pertama di Pulau Tidung
Foto: Doc. Anies Baswedan

"Alhamdulillah kini tak perlu lagi ke darat untuk mendapatkan dagangan apalagi harganya sama dengan harga di darat. Jadi hemat waktu dan biaya transposrtasi," katanya. Janudin mengaku bisa memangkas ongkos  untuk kapal, ojek, bajaj, ongkos angkut barang atau biaya kuli angkut.

BACA JUGA: Cek HEADLINE Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait