Foto: Doc. Anies Baswedan

Anies Baswedan Uji Coba Jalur Sepeda Velodrome-Balaikota

Ceknricek.com -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba jalur sepeda Velodrome-Balaikota, Jumat (20/9) pagi. Ia ditemani Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Lupito, dan Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho.

Mereka bersepeda melewati Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Jalan Proklamasi, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan M. H. Thamrin, dan berakhir di Jalan Medan Merdeka Selatan. Rute ini diketahui merupakan fase pertama jalur khusus sepeda sepanjang 25 kilometer.

"(Uji coba) menyiapkan jalur sepeda sepanjang 63 km. Fase pertama ini ada sebanyak 25 km diutamakan di jalur-jalur yang terkena kebijakan ganjil genap, dari tadi pagi dari Rawamangun Velodrome sampai ke Balai kota," kata Anies usai uji coba jalur sepeda.

Untuk informasi, Anies berencana mengeluarkan instruksi gubernur (Ingub) terkait bersepeda ke kantor. Anies ingin sepeda tak sekadar sebagai alat berolahraga, tetapi juga untuk transportasi alternatif.

Foto: Doc. Anies Baswedan

Baca Juga: Pemprov DKI Minta Pengelola Gedung Siapkan Fasilitas Parkir Sepeda

Ia menambahkan penggunaan sepeda di jalan yang terkena penerapan ganjil genap akan lebih efektif untuk pengguna jalan. Dengan begitu waktu pergi ke kantor bisa dipangkas karena tak ikut terkena macet imbas sistem ganjil genap.

"Ini bukti bahwa sesungguhnya bersepeda dengan jarak yang memang terukur itu lebih efisien di Jakarta. Tadi jaraknya sekitar 16 kilo sekitar 40 menit sudah sampai," kata dia.

Jalur sepeda ini ditandai dengan garis putih yang melintang di sisi kiri jalan raya. Selain itu, traffic cone atau kerucut lalu lintas juga dipasang di setiap beberapa meter dari jalur tersebut.

Anies mengatakan saat ini ada sejumlah jalur yang masih tidak memungkinkan untuk diberi pembatas jalan. Namun pihaknya berharap hal itu bisa menjadi bahan untuk evaluasi nantinya.

Foto: Doc. Anies Baswedan

"Nanti ada tempat yang bisa diberi pembatas karena lebar jalan yang cukup, ada yang lebar jalannya tidak memungkinkan untuk diberikan pembatas, tapi kita juga tahu banyak kota di dunia pengaturan jalur sepeda itu bervariasi, tidak sama," kata dia.

Diketahui, tujuh rute tersebut merupakan pembangunan jalur khusus sepeda tahap pertama. Pada fase kedua jalur sepeda sedianya akan dibangun di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat hingga Jalan Fatmawati di Jakarta Selatan. Kemudian untuk fase ketiga nantinya akan berlokasi di kawasan Jakarta Barat hingga Jakarta Timur.

Total DKI Jakarta akan punya 63 km jalur khusus sepeda. Sementara untuk uji coba di keseluruhan jalur sepeda tersebut dimulai dari 19 September hingga 20 November mendatang.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  



Berita Terkait