Anies: Vaksinasi Jakarta Tembus 105% | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto : Istimewa

Anies: Vaksinasi Jakarta Tembus 105%

Ceknricek.com--Vaksinasi di DKI Jakarta sudah mencapai 105 persen dari target. Hal itu dikatakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan,saat menyampaikan sambutan di Kongres Nasional II KA KAMMI yang disiarkan secara virtual, Sabtu (28/8/21). Menurut Anies, keberhasilan itu tak lepas dari persiapan vaksinasi di Jakarta setahun sebelum dimulai.

Anies menguraikan, sebelum ada vaksinasi, pihaknya telah membangun sistemnya sejak tahun lalu. Dari sistem distribusi, sistem monitoring inventori untuk masker, APD, sampai ke puskesmas. "Orangnya disiapkan, sistem monitoring disiapkan bertahap. Ketika kemudian ditambahkan dengan tugas vaksinasi, cepat," kata Anies.

Anies mengatakan ada lebih dari 200 ribu orang yang disuntik vaksin COVID-19 di Jakarta per hari. DKI juga punya 300 lebih puskesmas yang melakukan pemanasan terus dalam setahun dengan sistem distribusi itu. "Sehingga sekarang kalau ditanya Jakarta target vaksinasi kita sudah 105 persen tercapai itu terlampaui, sementara tetangga ada yang masih 15, ada yang 20 persen," tuturnya.

Anies mengatakan DKI Jakarta tidak bisa membantu vaksinasi di luar wilayahnya. Namun koordinasi dengan wilayah lain tetap berjalan.

"Problemnya adalah kami nggak boleh masuk yang bukan wilayah DKI tapi kita koordinasi terus. Malah justru menurut kami ini tantangan penting untuk membuat sebuah kerja struktural agar di sebuah kawasan ada mekanisme bekerja bersama," ujar Anies.

Berdasarkan Pemprov DKI, ada 9.554.298 warga di DKI yang telah menerima suntikan vaksin Corona dosis pertama dan 5.317.949 orang yang menerima dosis kedua. Dalam situs corona.jakarta.go.id, sasaran total vaksinasi berjumlah 8.941.211.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait