Bali Resmi Jadi Tuan Rumah Acara Puncak Peringatan World Tourism Day 2022 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Bali Resmi Jadi Tuan Rumah Acara Puncak Peringatan World Tourism Day 2022

Ceknricek.com -- Bali terpilih jadi tuan rumah acara puncak peringatan World Tourism Day ke-42 atau Hari Pariwisata Dunia ke-42 pada 27 September 2022.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah merupakan suatu kehormatan.

"Dalam edisi ke-42 perayaan World Tourism Day, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah perayaan puncak World Tourism Day yang akan berlangsung di Bali pada 27 September 2022," ucap Sandiaga Uno dalam keterangannya, Rabu (10/8/22).

Perayaan World Tourism Day 2022 ini akan mengusung tema "Rethinking Tourism". Di mana, tema ini akan dipromosikan juga oleh United Nations of World Tourism Organization (UNWTO) atau Organisasi Pariwisata Dunia melalui media partner.

"Tema ini bertujuan untuk menginspirasi diskusi seputar rethinking tourism untuk pembangunan. Termasuk dalam hal pendidikan dan pekerjaan, dan diskusi mengenai dampak pariwisata terhadap keberlangsungan planet bumi dan berbagai kesempatan yang dapat berkembang secara berkelanjutan," tutur Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan rangkaian perayaan World Tourism Day ke-42 ini akan diisi dengan panel diskusi multi-stakeholder dengan tema “Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery” dan juga diskusi dengan tema “The Tourism We Want” yang akan dipimpin oleh perwakilan dari sektor pariwisata di Bali.

"Negara anggota UNWTO akan diundang untuk memperkuat perayaan dan key messages dari World Tourism Day," tambahnya.

Selain itu, untuk memperkaya perayaan World Tourism Day ke-42, kata Sandiaga, Kemenparekraf akan mengadakan rangkaian program Road to World Tourism Day 2022 yang diisi dengan program-program kegiatan.

Di antaranya, seminar, lomba, bakti sosial, bersih sungai, dan penghijauan yang melibatkan stakeholder pariwisata di seluruh Indonesia serta enam politeknik pariwisata yang ada di bawah naungan Kemenparekraf.

"Selain itu, Kemenparekraf juga mengimbau kepada seluruh stakeholder pentahelix pariwisata lainnya seperti pemerintah daerah dan dinas pariwisata daerah, asosiasi/lembaga pariwisata, usaha/bisnis pariwisata, media untuk turut serta berpartipasi merayakan World Tourism Day dengan caranya masing-masing," ujar Sandiaga.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan pariwisata bisa menjadi bagian untuk membangun bangsa ke arah yang lebih baik.

"Ini berarti pariwisata menjadi milik kita bersama dan kita ingin mendorong dan memastikan mari kita sama-sama membangun bangsa melalui pariwisata," ucap Frans.

Baca juga: Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Wisata Sejarah di Bengkulu


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait