Bambang Widjojanto Apresiasi Langkah MK | Cek&Ricek
Fotografer : Ashar/Ceknricek.com

Bambang Widjojanto Apresiasi Langkah MK

Ceknricek.com -- Koordinator tim hukum Prabowo-Sandiaga Bambang Widjojanto (BW) mengapresiasi langkah Mahkamah Konstitusi (MK) terkait keputusan sidang sengketa pilpres 2019.

BW mengatakan, ia mencatat ada beberapa hal yang patut diapresiasi dalam sidang putusan, Kamis (27/6) malam.

"Pertama terkait mahkamah yang menerima perbaikan permohonan. Berikutnya, mahkamah mengakui tidak hanya memproses hasil suara saja," ujar BW usai keputusan majelis di gedung MK, Jakarta.

BW juga mengapresiasi MK yang memeriksa bukti yang berasal dari kiriman masyarakat berupa video dan berita. "Ini satu langkah kecil lain yang harus diparesiasi," kata BW.

Namun, BW mengakui ada beberapa keputusan yang tetap harus dipertanyakan terkait tiga hal, yang menyebabkan video bukti dari masyarakat yang terkesan sia-sia.

"Mahkamah meminta supaya di video diberi penjelasan lebih jelas narasinya, di daerah mana. Ini pembuktian bahwa kami dorong kepada publik, supaya kalau ada kecurangan informasikan kepada kami. Tapi memang ada problem narasi yang tidak dibuat oleh masyarakat," kata BW. "Itu kan snapshot, tangkapan gambar dari masyarakat. Kalau diminta kaitannya dengan perolehan suara, itu tidak mungkin," lanjut BW.

BW juga menyayangkan paradigma seluruh hakim MK yang terlalu prosedural, yang maunya detail.

Menurut BW, hakim konstitusi tidak bisa menampik soal terjadinya kecurangan Pilpres 2019. "Faktanya bahwa ada kecurangan di situ kan tak bisa ditolak," kata Bambang.

Untuk diketahui, sesudah mendengar keputusan, BW akan bertemu Prabowo-Sandiaga untuk membicarakan langkah selanjutnya.



Berita Terkait