Bamsoet Undercover Bersama Petugas Kebersihan Pemda DKI Jakarta | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Bamsoet Undercover Bersama Petugas Kebersihan Pemda DKI Jakarta

Ceknricek.com -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo kembali menyatroni kehidupan masyarakat bawah. Kali ini Bamsoet bertemu dengan dua orang petugas kebersihan kota atau PPSU kebersihan DKI Jakarta, Rohmani dan Ahmad Djaelani di kawasan Simprug Golf Senayan Jakarta, Sabtu (22/8/20).

Mantan Ketua DPR RI ini menilai keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam meningkatkan kinerja Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) patut dicontoh berbagai pemerintah daerah lainnya. Salah satu hal yang mendasari peningkatan kinerja PPSU tersebut tak lain karena perhatian Pemprov DKI Jakarta memberikan penghasilan setara Upah Minimum regional (UMR) DKI Jakarta sebesar Rp 4.267.349. Jika tahun depan UMR DKI Jakarta naik, gaji mereka pun otomatis juga akan naik.

Sumber: Istimewa

"Para pekerja PPSU seperti Rohmani dan Ahmad Djaelani yang saya temui ini, selama dua tahun berstatus Pekerja Harian Lepas (PHL) dengan gaji yang tak mencapai UMR. Oleh Basuki Tjahaja Purnama (BTP) saat memimpin DKI Jakarta, status mereka diubah pada tahun 2016 menjadi PPSU dengan upah sesuai UMR DKI Jakarta. Sudah empat tahun ini gaji mereka pun tak lagi lewat pihak ketiga, melainkan langsung di transfer dari Pemprov DKI Jakarta ke rekening masing-masing petugas PPSU. Sehingga lebih transparan, dan mengurangi potensi pemotongan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab," ujar Bamsoet usai ngobrol bersama dua petugas PPSU kebersihan DKI Jakarta, Rohmani dan Ahmad Djaelani.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini menjelaskan, benih baik yang diletakan BTP tersebut kemudian tetap dilanjutkan oleh Anies Baswedan yang terpilih memimpin DKI Jakarta untuk periode 2017-2022. Ini menunjukan adanya kesinambungan dari satu pemimpin pemerintahan ke penggantinya. Sekaligus menunjukan sikap gotong royong dari BTP kepada Anies Baswedan.

Sumber: Istimewa

"Tak jarang kita temui, di berbagai daerah saat pemimpinnya tak lagi menjabat, kebijakannya pun dipangkas oleh pejabat penggantinya. Sehingga warga yang menjadi korban. Tidak demikian di DKI Jakarta, petugas PPSU tetap dipertahankan. Hal ini juga patut dicontoh oleh berbagai Pemda lainnya," tandas Bamsoet.

 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait