Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka Setelah Tutup Sepekan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Bandara Banyuwangi Kembali Dibuka Setelah Tutup Sepekan

Ceknricek.com -- Bandara Banyuwangi akhirnya kembali beroperasi setelah sempat ditutup selama satu pekan akibat terganggu abu vulkanik dari Gunung Raung.

Pembukaan Bandara Banyuwangi bisa dilakukan setelah adanya Notam yang merekomendasikan bandara bisa dibuka kembali sejak Minggu pagi (14/2/21).

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II KC Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro, membenarkan pembukaan kembali Bandara Banyuwangi.

"Iya benar. Bandara Banyuwangi sudah kembali dibuka, sudah ada 4 penerbangan sejak pagi tadi. Rencana hari ini melayani 6 penerbangan," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (15/2/21).

Enam penerbangan itu, kata Cin, berasal dari maskapai Citilink dari penerbangan Bandara Soekarno Hatta-Bandara Banyuwangi pergi pulang (pp), Surabaya-Banyuwangi pp, dan Banyuwangi-Denpasar pp.

"Masih Citilink. Sementara pesawat citilink yang grounded kemarin akan terbang sore ini menuju Jakarta," tambahnya.

Sementara itu Garuda Indonesia dan Batik Air dengan rute Bandara Soetta-Banyuwangi pp belum mengoperasikan pesawatnya setelah seminggu penerbangan Banyuwangi lumpuh karena abu vulkanik erupsi Gunung Raung.

Pembukaan Bandara Banyuwangi, lanjut Cin, dilakukan setelah pihaknya melakukan paper test dan pemantauan lewat radar BMKG maupun Airnav, selanjutnya diteruskan koordinasi ke pihak Otoritas Bandara Wilayah 3 Surabaya.

“Dari hasil kolaboratif tersebut akhirnya dikeluarkan Notam sehingga Bandara Banyuwangi bisa kembali melayani penerbangan pada saat ini. Semoga kondisi seperti ini terus berlanjut dan erupsi Gunung Raung tidak lagi berimbas ke penerbangan di Bandara Banyuwangi," pungkasnya. (Rmol.Id).

Baca juga: Imbas Banjir, 7 Penerbangan di Bandara Ahmad Yani Semarang Ditunda

Baca juga: Bandara Banyuwangi Tutup Sementara Akibat Letusan Gunung Raung



Berita Terkait