Bangkai Paus Terdampar Ditemukan di Perairan Taman Nasional Bunaken | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Ilustrasi: Tim patroli Taman Nasional Bunaken mengevakuasi bangkai paus yang terdampar di perairan Pantai Liang: Balai Taman Nasional Bunaken.

Bangkai Paus Terdampar Ditemukan di Perairan Taman Nasional Bunaken

Ceknricek.com -- Seekor ikan paus yang belum bisa diindentifikasi jenisnya, ditemukan tim patroli 'Smart Resort Bunaken' telah menjadi bangkai di perairan Pantai Liang, kawasan Taman Nasional Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara.

"Bangkai paus sudah sulit diidentifikasi karena kondisinya rusak, sehingga tidak diketahui penyebab kematiannya. Tim menemukan bangkai paus tersebut pada Jumat (29/1/21) sore, saat melakukan patroli pengunjung," kata Kepala Balai Taman Nasional Bunake Genman Hasibuan di Manado, Sabtu (30/1/21).

Mengantisipasi bau yang terus menyengat, tim patroli kemudian mengevakuasi bangkai paus tersebut ke perairan Alung Banua yang lokasinya jauh dari permukiman, membawanya ke dalam hutan mangrove dan mengikatnya agar tidak terbawa arus.

Hasibuan mengatakan pada 2014 tercatat seekor paus terdampar di perairan Tombariri, di luar kawasan Taman Nasional Bunaken bagian selatan, berjenis 'sperm whale' (physeter macrocephalus) sepanjang sekitar 12 meter, lebar dua meter dan tinggi berkisar dua meter.

Kemudian 'Paus Kepala Melon' (peponocephala electra) atau electra dolphin, spesies lumba-lumba yang kerap digolongkan sebagai ‘blackfish’. Spesies tersebut berukuran panjang sekitar 2,7 meter dengan berat 210 kilogram, terdampar di perairan Kumu, SPTN Wilayah II di tanggal 2 Desember 2018.

Dia menambahkan beberapa jenis paus yang sering melintas di perairan Taman Nasional Bunaken antara lain 'Sperm Whale-Paus Biru (Physeter macrocephalus), 'Dwarf Sperm Whale-Paus Sperma Kate (Kogia simus), 'Short Finned Pilot Whale - Paus Pilot Sirip Pendek (Globicephala macrorhynchus).

Selanjutnya, 'Melon Headed Whale' - Paus Kepala Melon (Peponocephala electra), 'Killer Whale' - Paus Pembunuh (Orincus orca), dan 'Pygmy Killer Whale' - Paus Pembunuh Kate (Feresa attenuate).

Hasibuan menambahkan staf lapangan Balai Taman Nasional Bunaken telah melakukan pemantauan secara rutin untuk melihat situasi terkini kawasan.

"Mengingat terbatasnya petugas dibanding luas wilayah kerjanya, ke depan kita akan upayakan kerja sama dengan masyarakat nelayan setempat untuk memantau keberadaan paus dan lumba-lumba di Taman Nasional Bunaken sehingga tetap aman dan tidak terganggu," ujarnya. (Antara)

Baca juga: Membusuk di Pantai Balikpapan, Bangkai Ikan Paus Akhirnya Dibakar

Baca juga: Nelayan dan Tim Gabungan Berhasil Selamatkan Paus Terdampar



Berita Terkait