BMKG Memprakirakan Cuaca Ekstrem Terjadi Selama Sepekan ke Depan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Poskota

BMKG Memprakirakan Cuaca Ekstrem Terjadi Selama Sepekan ke Depan

Ceknricek.com -- Cuaca ekstrem diperkirakan berlangsung selama sepekan ke depan. Potensi itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (1/1). Indikasi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia juga diperkirakan meningkat.

"BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," kata Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," paparnya.

Menurut BMKG, potensi cuaca ekstrem dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal. Cuaca ekstrem dipengaruhi aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi, dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah.

Baca Juga: 3 Instruksi Presiden Tanggulangi Banjir di Jakarta dan Jawa Barat

Selain itu, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan. Selain itu diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

Adapun potensi cuaca ekstrem itu akan terjadi pada periode 1 sampai 4 Januari 2020 di wilayah Lampung, seluruh Pulau Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi dan Maluku, serta Papua. Lalu, pada periode 5 sampai 7 Januari 2020 cuaca ekstrem berpotensi melanda Bengkulu, Pulau Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait